Ayah Berperan Sama Mengurangi Waktu Screen Time Anak, Pastikan Si Kecil Tidak Habiskan Momen Hanya di Depan Layar

By Diah Puspita Ningrum, Selasa, 3 Oktober 2023 | 14:00 WIB
Ayah berperan sama mengurangi waktu screen time anak (Freepik)

Nakita.id - Ayah dapat berperan sama mengurangi waktu screen time anak agar si Kecil tidak menghabiskan momennya dengan menatap layar.

Di era digital saat ini, anak-anak cenderung terpaku pada layar gadget, televisi, dan perangkat elektronik lainnya.

Hal ini dapat menjadi perhatian bagi banyak orang tua yang ingin memastikan anak-anak mereka memiliki waktu yang seimbang antara bermain di dunia maya dan beraktivitas di dunia nyata.

Dalam upaya ini, seringkali peran ayah dalam mengurangi screen time anak diabaikan atau dianggap kurang penting.

Namun, perlu diingat bahwa ayah memiliki peran yang sama pentingnya dengan ibu dalam membantu anak-anak menjalani gaya hidup yang sehat dan seimbang dalam hal penggunaan layar.

Melansir dari berbagai sumber, berikut pentingnya peran ayah dalam mengurangi screen time anak dan memberikan tips tentang bagaimana ayah dapat berkontribusi dalam hal ini.

Ayah Berperan Sama Mengurangi Waktu Screen Time

1. Memberikan Contoh yang Baik

Salah satu cara ayah dapat berperan dalam mengurangi screen time anak adalah dengan memberikan contoh yang baik.

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, termasuk orang tua mereka.

Jika ayah menunjukkan sikap yang positif terhadap penggunaan layar yang seimbang dan berbicara tentang pentingnya beraktivitas di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain tanpa melibatkan layar, anak-anak akan lebih cenderung mengikuti contoh tersebut.

Misalnya, ayah dapat mencoba untuk mengurangi penggunaan layar mereka sendiri, terutama ketika berada di dekat anak-anak.

Baca Juga: Kelihatannya Sepele, Ternyata Berperan Sama Sering Memeluk Anak Punya Banyak Manfaat untuk Si Kecil Maupun Ayah