BERITA POPULER: Melahirkan Caesar Apakah Ditanggung BPJS hingga Berhubungan Intim Setelah Melahirkan Normal

By Diah Puspita Ningrum, Selasa, 3 Oktober 2023 | 15:00 WIB
BERITA POPULER melahirkan caesar apakah ditanggung BPJS? (Freepik)

Nakita.id - Berikut ini adalah sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Selasa (3/10/2023).

1. Rincian Biaya Pajak Bawa iPhone dari Luar Negeri, Siap-siap Bawa Uang Lebih Banyak

Banyak yang bertanya, berapa biaya pajak bawa iPhone dari luar negeri? Karena belum lama ini ada seri terbaru yang sudah jadi incaran banyak orang.

Ya, baru ini iPhone resmi merilis seri terbaru, yaitu iPhone 15. Namun masalahnya di Indonesia belum masuk barang tersebut.

Akhirnya orang-orang yang ingin membelinya harus melancong ke luar negeri atau membeli iPhone 15 dari jasa titip (jastip) luar negeri.

Memang, harga iPhone 15 di Indonesia nantinya akan lebih mahal daripada di luar negeri.

Tapi jika Moms membelinya sekarang maka akan dikenakan biaya pajak.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memastikan setiap masyarakat Indonesia yang membeli barang dari luar negeri di atas US$ 500 atau Rp 7,5 juta (kurs Rp 15.000) diwajibkan dipungut bea masuk dan pajak impor, termasuk beli iPhone yang baru dirilis tersebut.

"Baik barang bawaan penumpang atau barang kiriman dari luar negeri, importasi ponsel hanya diperbolehkan dua unit," tulis pengumuman DJBC dalam media sosial resminya, dikutip Jumat (15/9/2023).

Jika Moms berencana membeli iPhone 15 dengan kapasitas 128 GB langsung dari Singapura senilai US$ 799 atau Rp 11,98 juta, akan dikenakan bea masuk 10%, PPN 11%, serta PPh 10-20%. Berikut contoh perhitungannya:

Baca selengkapnya di sini 

Baca Juga: BERITA POPULER: Cuci Muka dengan Air Dingin vs Air Hangat yang Membuat Kulit Glowing hingga Cara Membagi Gaji Bulanan dengan Bijak