Tidak Kalah Penting dari Kesehatan Fisik, Ayah Berperan Sama Menjaga Kesehatan Mental Anak

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 11 November 2023 | 21:00 WIB
Ayah berperan sama menjaga kesehatan mental anak (Freepik)

Nakita.id - Peran seorang ayah dalam keluarga bukan hanya terbatas pada penyediaan materi, tetapi juga mencakup dimensi emosional dan psikologis.

Dalam era di mana kesehatan mental anak menjadi fokus perhatian, peran seorang ayah dalam menjaga kesehatan mental anak menjadi semakin penting.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa ayah lakukan dalam berperan sama menjaga kondisi kesehatan mental anak.

Yuk simak!

Ayah Berperan Sama Menjaga Kesehatan Mental Anak

1. Keteladanan Dalam Mengelola Emosi

Ayah sebagai figur otoritas di rumah memiliki dampak besar terhadap cara anak-anaknya mengelola emosi.

Menunjukkan cara yang sehat dalam menanggapi stres, kekecewaan, atau kesulitan lainnya dapat menjadi contoh yang kuat bagi anak-anak.

Dalam situasi sulit, reaksi tenang dan penuh empati dari seorang ayah dapat membantu anak belajar bahwa emosi normal dan dapat diungkapkan dengan cara yang positif.

2. Komunikasi Terbuka dan Penerimaan

Komunikasi yang terbuka antara ayah dan anak menciptakan lingkungan di mana anak merasa nyaman berbicara tentang perasaan mereka.

Seorang ayah yang mendengarkan tanpa menghakimi dan memberikan dukungan penuh dapat membantu anak mengatasi masalah dan mencari solusi dengan lebih baik.

Baca Juga: Ayah Berperan Sama Mengatasi Anak Tantrum, Ini Tips yang Bisa Dads Lakukan