ILO Rilis Studi Terbaru Persepsi Pekerja Indonesia Akan Ekonomi Perawatan, Masih Banyak Perempuan yang Pilih Meninggalkan Karier

By Shannon Leonette, Kamis, 16 November 2023 | 08:53 WIB
Studi ILO terbaru menemukan, masih banyak perempuan pekerja di Indonesia yang memilih untuk meninggalkan karier demi melakukan perawatan. Berikut berita selengkapnya. (Freepik.com)

Nakita.id - Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) meluncurkan temuan-temuan utama dari survei persepsi pekerja mengenai pekerjaan perawatan pada Rabu (15/11/2023).

Survei ini merupakan bagian dari penyusunan Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Indonesia mengenai Ekonomi Perawatan yang dipimpin oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Apalagi, KemenPPPA masih menegaskan pentingnya menyeimbangkan pekerjaan dengan perawatan yang berperan penting bagi masyarakat dan perekonomian untuk berkembang.

Juga, menyempitkan kesenjangan signifikan dalam layanan perawatan, serta kebijakan untuk mengurangi kemiskinan, mendorong kesetaraan gender, dan mendukung perawatan bagi anak-anak dan orang lanjut usia.

Bekerja sama dengan KataData Insight Centre, survei ini bertujuan untuk menggali persepsi pekerja Indonesia dari berbagai sektor mengenai nilai ekonomi pekerjaan perawatan.

Bahkan, untuk mengidentifikasi tingkat persepsi pekerja Indonesia terkait dengan pekerjaan perawatan berdasarkan kerangka 5R ILO untuk pekerjaan perawatan yang layak.

Yakni, Rekognisi (Recognize), Reduksi (Reduce), Redistribusi (Redistribute), Penghargaan (Reward), dan Representasi (Represent).

Survei juga bertujuan untuk mengidentifikasi rekomendasi-rekomendasi guna meningkatkan upaya mempromosikan pekerjaan perawatan sebagai tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab perempuan.

Dilakukan secara daring selama 1,5 bulan dari 15 September hingga 3 November 2023, survei ini menjangkau 2.217 responden yang mewakili beragam pekerja dari berbagai sektor.

Termasuk diantaranya pekerja rumah tangga, pekerja perawatan, pekerja kreatif dan wirausaha.

Sekitar 67,5 persen responden adalah perempuan dan 67,4 persen bekerja di perekonomian informal di 34 provinsi.

Baca Juga: Anak Laki-laki dan Perempuan Ternyata Bisa Memiliki Soft Skills Peran Perawatan Sejak Dini, Lho