Menyimak Teks Prosedur, Bab 3 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Selasa, 21 November 2023 | 17:30 WIB
Penjelasan teks prosedur Bab 3, Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka (Freepik)

Nakita.id - Pada Bab 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka, ada materi mengenai teks prosedur.

Teks prosedur sangat dibutuhkan demi kelancaran dan keamanan semua kegiatan manusia.

Kebutuhan akan petunjuk ini akan terus berlangsung, bahkan sepanjang usia manusia.

Secara alamiah, teks prosedur membuat atau melakukan sesuatu dekat dan bermanfaat dalam kehidupan manusia.

Teks prosedur merupakan teks yang berisi proses, petunjuk, cara, atau langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu.

Teks yang menyajikan informasi seperti ini juga sering dikenal dengan manual, petunjuk penggunaan, resep, strategi, trik, kiat, tips, cara jitu, atau cara pemakaian.

Peserta didik diharapkan bisa menyimak teks prosedur dengan baik.

Pembelajaran kali ini yaitu menyimak teks prosedur dengan tujuan akhir untuk mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak teks prosedur.

Agar tujuan akhir dapat dicapai, terlebih dahulu kalian akan diarahkan untuk menganalisis teks gagasan dan pandangan teks prosedur yang disimak.

Saat menyimak teks prosedur, peserta didik akan berusaha mendapatkan berbagai informasi dalam teks.

Informasi-informasi yang disajikan berdasarkan gagasan pembicara.

 Baca Juga: Untuk Bahan Belajar, Kunci Jawaban Latihan 1 Bab 3 Halaman 66, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

Gagasan itu sendiri dipengaruhi oleh pandangan pembicara dalam memandang atau menyikapi topik pembicaraan.

Gagasan dan pandangan selalu ada dalam setiap teks prosedur.

Ini akan memengaruhi kualitas dan kredibilitas teks prosedur.

Pengertian gagasan yaitu hasil pemikiran yang mendasari inti pembicaraan.

Gagasan dalam teks dapat ditemukan dalam bentuk gagasan pokok dan gagasan penjelas.

Gagasan pokok adalah hasil pemikiran utama yang mendasari inti pembicaraan.

Gagasan penjelas adalah hasil pemikiran pendukung yang berisi informasi detail mengenai hasil pemikiran utama.

Pandangan adalah pengetahuan, pendapat, atau hasil tindakan dari mencermati dan menilai sesuatu.

Peserta didik kemudian diminta membaca teks prosedur berjudul "Cara Membuat Hand Sanitizer".

Kemudian, jawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Siapa yang membutuhkan panduan cara membuat hand sanitizer tersebut?

 Baca Juga: Kunci Jawaban Asesmen Halaman 55, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

Jawaban: Banyak pihak yang membutuhkan panduan cara membuat hand sanitizer, di antaranya adalah pembuat hand sanitizer secara perorangan dan pengusaha hand sanitizer.

2. Informasi apa saja yang terdapat pada teks tersebut? Apa maksud penyusun mengemukakan semua informasi dalam teks prosedur tersebut?

Jawaban: Informasi yang terdapat pada teks tersebut, di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Bahan pembuat hand sanitizer yang memiliki ciri khas daun sirih. Penyusun teks ingin menekankan bahwa daun sirih memiliki khasiat dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat hand sanitizer.

b. Alat pembuat hand sanitizer disampaikan penyusun teks agar memudahkan siapa saja yang ingin menyiapkan alat untuk mengaplikasikan teks prosedur ini.

c. Cara membuat hand sanitizer disampaikan penyusun teks agar memudahkan siapa saja yang ingin mengaplikasikan teks prosedur ini

3. Gagasan apa yang membangun teks tersebut?

Jawaban: Gagasan yang membangun teks tersebut adalah cara membuat hand sanitizer dari daun sirih.

4. Apa pandangan penyusun teks tersebut?

Jawaban: Pandangan penyusun teks tersebut adalah daun sirih memiliki khasiat dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat hand sanitizerdan cara pembuatannya pun sangat dilakukan dengan mudah.

Itulah dia penjelasan mengenai cara menyimak teks prosedur, melansir buku Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Langkah-langkah Menulis Teks Eksplanasi, Bab 2 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka