Nakita.id – Belakangan ini, penipuan secara online kian marak terjadi.
Para pengguna internet pun diharapkan bisa lebih melindungi diri dari potensi bahaya ini.
Tapi, bagaimana jika sudah terlanjur mengalaminya?
Jangan panik, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya.
Yuk, disimak!
Cara mengatasi penipuan online
Melansir dari Aegon.co.uk, inilah beberapa cara yang sebaiknya langsung dilakukan saat mengalami penipuan online.
1. Segera hubungi provider dan bank
Jika telah menjadi korban penipuan, mungkin belum terlambat untuk Moms menghentikannya bila bertindak cepat.
Hubungi penyedia di tempat Moms melakukan transaksi (misalnya bank) dan beri tahu mereka apa yang terjadi.
Pastikan Moms memberikan sebanyak mungkin informasi, seperti kepada siapa Moms melakukan pembayaran dan mengapa menganggapnya sebagai penipuan.
Mereka mungkin dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut dan membatalkan pembayaran yang Moms buat sebelum mencapai rekening penipu.
2. Laporkan
Jika telah menjadi korban penipuan, penting untuk melaporkannya sesegera mungkin.
Baca Juga: Tanda-tanda Penipuan Lewat Aplikasi WhatsApp, Waspadalah Jika Terima Pesan Seperti Ini