Alternatif Jawaban Evaluasi Gagasan dan Pandangan Teks Prosedur, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Rabu, 22 November 2023 | 17:45 WIB
Pelajar berdiskusi (Freepik/pressfoto)

Nakita.id - Pada bab 3 buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka ada bahasan mengenai teks prosedur.

Kali ini, peserta didik diminta mengevaluasi gagasan dan pandangan dalam teks prosedur yang disimak.

Diharapkan, peserta didik bia menyimak kritis untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Seperti diketahui, gagasan dan pandangan dalam teks prosedur akan memengaruhi kualitas dan kredibilitas teks tersebut.

Peserta didik diminta menyimak teks prosedur berjudul “Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih”.

Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Peserta didik sebaiknya mengerjakan soal terlebih dahulu sesuai kemampuan.

Kemudian, baru bisa dicocokkan dengan alternatif jawaban berikut.

1. Apakah gagasan yang ada pada teks prosedur ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, mudah diaplikasikan, murah meriah, atau menjadi solusi permasalahan yang ada?

Alternatif jawaban: Gagasan yang ada pada teks prosedur ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, mudah diaplikasikan, murah dan meriah, menjadi solusi permasalahan yang ada terlebih dalam kondisi pandemi saat ini masyarakat membutuhkan hand sanitizer untuk tetap menjaga kesehatannnya sehingga cara membuatnya sangat dibutuhkan.

2. Sudahkah teks prosedur memuat secara spesifik cara atau langkah-langkah sesuai gagasan untuk diterapkan? Apakah mudah atau sulit untuk diterapkan?

 Baca Juga: Menyimak Teks Prosedur, Bab 3 Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

Alternatif jawaban:Teks prosedur sudah memuat secara spesifik cara atau langkah-langkah sesuai gagasan cara membuat hand sanitizer dari daun sirih dan mudah untuk diterapkan.

3. Setujukah kalian dengan langkah-langkah atau cara membuat hand sanitizer yang disampaikan pada teks? Jelaskan.

Alternatif jawaban: Saya setuju langkah-langkah atau cara membuat hand sanitizer yang disampaikan pada teks.

4. Apakah gagasan teks tersebut sudah tepat sehingga dapat dijadikan pedoman oleh siapa pun yang membutuhkannya?

Alternatif jawaban:Gagasan teks tersebut sudah tepat sehingga dapat dijadikan pedoman oleh siapa pun yang membutuhkannya.

5. Apakah pandangan yang ada pada teks prosedur ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, dan logis?

Alternatif jawaban: Pandangan pembicara dalam teks tersebut adalah daun sirih memiliki khasiat yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat hand sanitizer dan cara membuatnya dapat dilakukan dengan mudah.

Pandangan dalam teks ini autentik, relevan dengan konteks saat ini, dan logis. Pandangan yang ada pada teks prosedur ini tidak berpihak pada golongan atau kelompok tertentu.

6. Apakah pandangan yang ada pada teks prosedur ini berpihak pada golongan atau kelompok tertentu?

Apakah pandangan ini bermanfaat untuk publik atau dapat diterapkan dalam skala yang lebih luas?

Alternatif jawaban:Pandangan ini bermanfaat untuk publik dan dapat diterapkan dalam skala yang luas karena netral dan tidak berpihak pada golongan atau kelompok tertentu.

Baca Juga: Untuk Bahan Belajar, Kunci Jawaban Latihan 1 Bab 3 Halaman 66, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka