Dorong Kesadaran Masyarakat Akan Lingkungan Hijau, Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem Adakan Langkah Membumi Festival 2023, Hadirkan Kolaborasi Lintas Sektor

By Shannon Leonette, Kamis, 23 November 2023 | 10:04 WIB
Blibli Tiket Action dan Ecoxyztem adakan Langkah Festival Membumi 2023 yang diadakan akhir pekan ini. Berikut berita lengkapnya. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Sejak 1981 silam, perubahan iklim di Indonesia semakin terasa nyata.

Hal ini ditunjukkan ketika anomali suhu di Indonesia merupakan yang tertinggi keempat di dunia per September 2023.

Anomali suhu mencapai sebesar 0,4 derajat Celcius, dengan kisaran suhu antara 35-38 derajat Celcius selama seminggu terakhir di bulan yang sama.

Kondisi ini tentu memicu krisis, seperti gagal panen dan kelangkaan air bersih, yang mengancam kesejahteraan masyarakat.

Ditambah, studi dari The Lancet memprediksi kematian tahunan akibat panas ekstrem akan meningkat lima kali lipat pada 2050.

Seruan sustainability terus digaungkan di tengah 35 persen sampah nasional yang belum terkelola dengan baik dan potensi kerugian akibat perubahan iklim yang diperkirakan mencapai Rp 544 triliun.

Di sisi lain, pertumbuhan climate-tech startup dan ecopreneur menunjukkan potensi Indonesia sebagai salah satu poros ekonomi hijau dengan nilai proyeksi mencapai US$ 400 miliar pada tahun 2030.

Dalam rangka mewujudkan semangat aksi kolaborasi untuk satu bumi yang lebih lestari, Blibli Tiket ACTION bersama venture builder Ecoxyztem mempersembahkan Langkah Membumi Festival (LMF) 2023.

LMF 2023 akan digelar pada 25-26 November mendatang di SCBD Park dengan mengusung tema besar 'One Action, One Earth'.

Tema besar ini merepresentasikan kekuatan ekosistem dalam memerangi perubahan iklim, bahkan menjadi melting pot yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, penggiat sustainability dalam mewujudkan visi bersama menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan.

"Langkah Membumi Festival menjadi langkah nyata dari komitmen Blibli Tiket ACTION dalam mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis dengan melibatkan karyawan, pelanggan, mitra dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan bumi, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan," ungkap Lisa Widodo selaku COO & Co-Founder Blibli dalam acara konferensi pers, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga: Kobarkan Semangat #TakGentarCekoutSekarang, Blibli Kembali Gelar Pejuang Lokal Berkolaborasi dengan Empat Brand Inspiratif