Stylo Indonesia dan Kemenperin Adakan Acara Cosmetic Day 2023, Usung 'Tema Yang Lokal Semakin Fenomenal'

By Shannon Leonette, Sabtu, 25 November 2023 | 11:20 WIB
Jumat (24/11/2023), Cosmetic Day 2023 resmi mengadakan opening ceremony di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta. Acara dihadiri oleh berbagai narasumber, termasuk dari pihak Kemenperin. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya merawat penampilan semakin meningkat.

Hal ini juga diimbangi dengan berkembangnya industri kecantikan lokal yang kian menjamur dan membawa warna baru di Tanah Air.

Ditambah, sudah banyak merek kosmetik lokal yang terpacu untuk memproduksi produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Sehingga, produk kosmetik yang dikeluarkan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Bahkan kini, sudah banyak juga produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk bayi hingga laki-laki.

Sebagai salah satu sektor industri binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Ditjen IKMA Kemenperin), industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi yang besar.

Hal ini dikarenakan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal dan telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.

Untuk itulah Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia menggelar acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Sebagai informasi, Stylo Indonesia adalah media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia yang berada di bawah naungan Grid Network - Kompas Gramedia.

Ditjen IKMA telah rutin melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik.

Diantaranya melalui pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), fasilitasi izin edar produk, fasilitasi mesin dan peralatan, promosi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, penerapan Industri 4.0, penguatan branding produk kosmetik, restrukturasi mesin dan peralatan, hingga pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Baca Juga: Gaungkan Kampanye 'Semua Bisa Cantik' dalam Perayaan Hari Jadi Ke-5, Stylo Indonesia Bagi-bagi Perawatan Gratis Hingga Donasi 1000 Lipstik untuk Perempuan Pekerja Sosial