Nakita.id - Akhir-akhir ini, kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya merawat penampilan semakin meningkat.
Hal ini juga diimbangi dengan berkembangnya industri kecantikan lokal yang kian menjamur dan membawa warna baru di Tanah Air.
Ditambah, sudah banyak merek kosmetik lokal yang terpacu untuk memproduksi produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat.
Sehingga, produk kosmetik yang dikeluarkan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat.
Bahkan kini, sudah banyak juga produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk bayi hingga laki-laki.
Sebagai salah satu sektor industri binaan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Ditjen IKMA Kemenperin), industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi yang besar.
Hal ini dikarenakan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal dan telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.
Untuk itulah Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia menggelar acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.
Sebagai informasi, Stylo Indonesia adalah media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia yang berada di bawah naungan Grid Network - Kompas Gramedia.
Ditjen IKMA telah rutin melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik.
Diantaranya melalui pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), fasilitasi izin edar produk, fasilitasi mesin dan peralatan, promosi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, penerapan Industri 4.0, penguatan branding produk kosmetik, restrukturasi mesin dan peralatan, hingga pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).
"Dengan berbagai upaya ini, diharapkan dapat terbentuk ekosistem industri kosmetik mulai dari hulu sampai ke hilir", ujar Ir. Reni Yanita, M.Si selaku Dirjen IKMA Kemenperin.
Reni juga turut menyampaikan bahwa sejak tahun 2019, Kemenperin rutin menyelengarakan acara Cosmetic Day sebagai salah satu agenda tahunannya.
"Acara Cosmetic Day diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik nasional, khususnya yang memanfaatkan bahan baku lokal", imbuhnya.
"Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi setiap pelaku industri kosmetik di Indonesia untuk memperluas pasarnya dan membangun jejaring baik dengan sesama pelaku industri maupun stakeholder terkait, serta dapat mendorong kecintaan masyarakat kepada produk-produk kosmetik nasional", harapnya.
Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan, Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si turut menyampaikan harapannya terhadap Cosmetic Day 2023 ini.
"Dengan mengusung tajuk 'Yang Lokal Semakin Fenomenal', Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat menjadi bagian dari perjalanan di mana kosmetik lokal semakin kuat di pasar Indonesia dan bahkan siap diekspor ke pasar internasional," harap Ni Nyoman.
"Kami menggandeng 20 perusahaan IKM kosmetik binaan Kemenperin untuk dapat berpartisipasi memamerkan produknya di Cosmetic Day 2023," ucapnya.
Dirinya juga menyampaikan, Cosmetic Day 2023 menghadirkan beragam rangkaian acara yang bisa diikuti. Mulai dari Temu Bisnis untuk pelaku industri kosmetik, Beauty & Business Talkshow, Beauty Workshop, dan pameran produk kosmetik dari 20 IKM binaan Kemenperin.
Mewakili Stylo Indonesia serta Grid Network - Kompas Gramedia, Idho Nugroho, M.Ikom mengungkapkan rasa bangganya karena acara Cosmetic Day tahun ini bisa berkolaborasi bersama Ditjen IKMA Kemenperin.
"Tentu saja kolaborasi ini sejalan dengan visi dan misi serta program UKM Fashionbeautypreneurship yang telah berjalan sejak tahun 2021 lalu yang dirintis oleh Stylo Indonesia," jelas Idho selaku Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia.
Idho juga menyebut bahwa Cosmetic Day juga bersinergi dengan program Srikandi Untuk Negeri yang baru saja diluncurkan di Juni 2023.
"Dengan fokus objek ialah para perempuan Indonesia di balik industri UKM," kata Idho.
"Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, kami juga menggandeng berbagai stakeholder lainnya seperti menghadirkan perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa dari Program Studi Tata Rias, serta mengundang influencer beautypreneur inspiratif Indonesia yang telah berhasil membangun brand kosmetik lokal," papar Idho.
Berbagai topik talkshow yang menarik untuk disimak diantaranya bertemakan tentang:
- Legalitas kosmetik;
- Inovasi bahan kosmetik;
- Kebijakan Wajib Halal 2026;
- Tips branding usaha kosmetik; dan
- Wirausaha di bidang kosmetik.
Adapun penyelenggaraan Cosmetic Day 2023 turut didukung oleh:
a. Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI)
b. Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK)
Baca Juga: Yuk Gabung Menjadi Stylobebs Ambassador dan Rasakan Berbagai Keuntungan Menjadi Influencer
c. Mustika Ratu
d. Yayasan Puteri Indonesia
e. ParagonCorp
f. Wardah
g. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
h. Srikandi Pintar Indonesia
i. NAMA Beauty
j. Universitas Negeri Jakarta
k. Hairess Home
l. Srikandi untuk Negeri
m. Kimia Farma
Baca Juga: Kolaborasi Daneen Skincare x Stylo Indonesia, Hadirkan Pilihan Produk Skincare untuk Pejuang Jerawat
Serunya Kegiatan Peluncuran SoKlin Liquid Nature French Lilac di Rumah Atsiri Indonesia
Penulis | : | Shannon Leonette |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR