Kolaborasi Kemenperin dan Stylo Indonesia Luncurkan Acara Cosmetic Day 2023, Berlangsung Meriah

By Kirana Riyantika, Selasa, 28 November 2023 | 11:45 WIB
Pembukaan acara Cosmetic Day 2023 (Dok. Stylo)

Nakita.id - Kementerian Industrian (Kemenperin) berkolaborasi dengan Stylo Indonesia menggelar acara Cosmetic Day 2023.

Acara Cosmetic Day 2023 dilangsungkan selama 3 hari, mulai tanggal 24-26 November 2023 berlokasi di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta.

Tajuk acara Cosmetic Day tahun ini yaitu "Yang Lokal Semakin Fenomenal".

Tersedia rangkaian acara yang seru pada acara tersebut.

Mulai dari Beauty & Business Talkshow, Temu Bisnis pelaku industri kosmetik lokal, Beauty Workshop, hingga adanya pameran produk IKM (Industri Kecil dan Menengah).

Terdapat 20 tenant IKM yang dipilih Kementerian Perindustrian.

Para pengunjung yang datang bisa memanjakan mata dengan beragamnya alat kosmetik, skin care, hair care, dan masih banyak lagi.

Pengunjung bisa bebas belanja berbagai kosmetik sesuai kebutuhan.

Tak hanya kosmetik dan skin care untuk dewasa, bahkan untuk bayi pun juga ada.

Keunggulan dari pameran IKM ini yaitu harga produk yang ramah di kantung.

Stylo Indonesia berhasil menambah kemeriahan acara tersebut.

 Baca Juga: Bukan Pakai Kosmetik Kimia, Begini Resep Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dalam 20 Menit

Acara Cosmetic Day juga mendatangkan beberapa ahli di bidang kecantikan dan kosmetik.

Berikut rangkuman acara Cosmetic Day 2023 selama 3 hari yang bisa Moms simak.

Rangkaian Acara Cosmetic Day 2023

Hari Pertama (24 November 2023)

Hari pertama Cosmetic Day 2023

Pada 24 November 2023, acara Cosmetic Day menghadirkan beberapa pelaku bisnis industri kosmetik lokal.

Upacara pembukaan diresmikan secara langsung oleh Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si selaku Plt. Direktur Industri Aneka dan IkM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kementerian Perindustrian RI.

Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si mengungkapkan bahwa acara Cosmetic Day diadakan khusus untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik lokal.

“Cosmetic Day 2023 diharapkan bisa menjadi ruang bagi setiap pelaku industri kosmetik lokal untuk memperluas pasarnya dan juga dapat mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk lokal," ungkapnya.

Ridho Nugroho selaku Founder & Head Stylo Indonesia sekaligus Head of Creative Cosmetic Day 2023 turut hadir pada Opening Ceremony.

“Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, Stylo Indonesia juga membawa perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa Program Studi Tata Rias, serta mengundang beautypreneur inspiratif," katanya.

Hari Kedua (25 November 2023)

Pengunjung bebas belanja kosmetik di tenant IKM

Pada hari berikutnya, diselenggarakan beberapa Talkshow .

Baca Juga: Jangan Dipakai di Wajah! Ini 4 Tanda Kosmetik Mengandung Merkuri

Ada Talkshow bertajuk "Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini".

Acara talkshow tersebut dihadiri beberapa pembicara yang ahli di bidangnya.

Diantaranya Drs. H. Jenih, M.M sebagai Pembina Industri Ahli Madya Direktorat IA IKMKSK Ditjen IKMA Kemenperi RI.

Selain itu, dihadiri pula DRA. Mayagustina Andarini, M.Sc., Apt. sebagai Perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hadir juga Nur Huda Arif Indiarto selaku Skin Care Scientist Paragon Corp.

Para pembicara membahas bahan lokal aman yang harus menjadi pilihan terkini bagi pelaku bisnis kosmetik.

Diadakan juga Talkshow bertajuk Masa Depan Kosmetik Lokal: Menuju Wajib Halal 2026.

Talkshow tersebut menghadirkan Anita Fajrin, S.T selaku Serinor Skincare Formulator ParagonCorp, Enny Santiastuti selaku Analisis Data PPIH Kemenperin RI dan Dr. H. ABD. Syakur, M.Si selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal BPJH 2023.

Ketiga pembicara menghadirkan bahasan soal rencana pemerintah yang akan mewajibkan setiap brand untuk memproduksi kosmetik Halal di tahun 2026.

Tak hanya itu, ada pula tips memilih skincare yang wudhu friendly sehingga Stylovers yang hadir bisa lebih cermat untuk menggunakan skincare yang Halal.

Talkshow kemudian dilanjutkan dengan tema Cantik Harus Aman: Legalitas di Dunia Kosmetik.

Henry Suhardja selaku Ketua DPD PPAK Banten dan Saradesy Sumardi S.H. Selaku Tim Bidang Industri Perkosmi.

Ketiga pembicara tersebut memberikan edukasi kepada pencinta kosmetik yang hadir untuk lebih teliti sebelum membeli produk di pasaran agar terhindar dari tertipu produk yang ilegal.

Pembicara juga melakukan edukasi perihal cara melaporkan produk ilegal di pasaran.

Acara semakin meriah dengan kehadiran Beauty Workshop by Mustika Ratu: Unlocking The Innovative Power of Natural and Clean Makeup.

Beauty Workshop tersebut menghadirkan Lulu Zaharani selaku Puteri Indonesia Pariswisata 2023 dan Dini Herliyani selaku Marketing Mustika Ratu.

Kedua pembicara membahas perihal tren clean makeup yang kini makin digandrungi.

Serta memberikan rekomendasi pilihan produk makeup dari Mustika Ratu.

Tak hanya itu, hadir pula demo mak eup yang memberikan inspirasi cara clean makeup bagi Stylovers yang ingin tampil dengan tren makeup tersebutu.

Ada pula Talkshow Strategi Komunikasi Kreatif Membangun Branding Bisnis Kecantikan di Zaman Now!

Acara Talkshow tersebut mendatangkan aktris papan atas Luna Maya selaku Founder & CEO Nama Beauty, Enti Nurmayati Utami, S.Sn selaku Pembina Indusrti Ahli Muda Kementrian Perindustrian dan Ridho Nugroho, M.I.Kom selaku Founder & Head Editor Stylo Indonesia.

Para pembicara membahas perihal bagaimana cara membangun branding pada bisnis kosmetik dan kecantikan.

Baca Juga: Kulit Malah Rusak! Ini Ciri-ciri Skincare Mengandung Merkuri yang Bisa Sebabkan Kanker

Hari kedua acara Cosmetic Day ditutup dengan penampilan Music Entertainment dari Ola Elannor Indonesian Idol Season 10 dan Dimansyah Indonesian Idol Season 12.

Hari Ketiga (26 November 2023)

 

Penutupan acara Cosmetic Day 2023

Di hari terakhir Cosmetic Day 2023 diselenggarakan Talkshow bertajuk "Menciptakan Jagoan Wirausaha Kosmetik Lewat Pendidikan Tata Rias".

Talkshow tersebut menghadirkan beberapa pembicara yang ahli di bidang tata rias, diantaranya Dr. Jenny Sista Siregar, M. Hum. selaku Dosen Tata Rias Universitas Negeri Jakarta dan Nada Afifah, S.Pd selaku Alumni Tata Rias Universitas Negeri Jakarta.

Kedua pembicara tersebut membahas bagaimana cara menciptakan wirausaha kosmetik lokal lewat pendidikan tata rias.

Selanjutnya hadir pula Beauty Workshop by ParagonCorp: Tips Makeup Korean Look dengan Pilihan Produk Lokal untuk Warna Kulit Indonesia.

Di momen tersebut pencinta makeup yang hadir diberikan inspirasi soal tren makeup korean look dengan menggunakan produk IKM lokal yang cocok dengan kulit perempuan Indonesia.

Dan, ada pula IKM Product Showcase yang dibawakan oleh Cece Stylo dan mempromosikan 20 tenant di Cosmetic Day 2023 ini.

Selanjutnya, digelar acara Grand Final Stylobebs Ambassador Batch 5.

Dari ratusan pendaftar Stylobebs Ambassador Batch 5, terpilih 35 finalis.

Sebanyak 15 finalis berasal dari daerah Jabodetabek turut mengikuti acara yang berlangsung di AEON Mall Tanjung Barat ini.

Baca Juga: Masa Kedaluwarsa Kosmetik Tiap Jenisnya Ternyata Berbeda-beda, Ini Penjelasannya Agar Tak Kelewatan

Ada 2 finalis yang terpilih sebagai juara harapan StyloBebs Ambassador batch 5.

Sementara 3 finalis lainnya terpilih sebagai juara utama StyloBebs Ambassador pada batch kali ini.

Nama Nadia Shafira Kurniawan akhirnya keluar sebagai juara pertama mewakili StyloBebs Ambassador batch 5.

Vivian Chandra menjadi juara kedua dan Cantika Choirunisa Mardian menang dengan juara ketiga.

Kemudian, digelar pula Cosmetic Day 2023 Choice untuk memberikan penghargaan bagi tenant terbaik yang ikut serta di ajang ini.

Acara ditutup dengan Closing Ceremony yang menghadirkan Ir. Reni Yanita, M.Si selaku Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Farhana Nariswari selaku Puteri Indonesia 2023 dan Ridho Nugroho, M.I.Komselaku Founder & Head Editor Stylo Indonesia.

Baca Juga: Amit-amit Ternyata Banyak Bahaya yang Mengintai! Ini Dampak Memakai Lisptik Kedaluwarsa yang Harus Diperhatikan