Lengkap! Kunci Jawaban PAI Kelas XI Halaman 323 Peradaban Islam Pada Masa Modern

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 15 Januari 2024 | 15:30 WIB
Kunci jawaban PAI kelas XI halaman 323 (Freepik)

Nakita.id - Berikut kunci jawaban pada mata pelajaran PAI Kelas XI SMA yang dilansir dari buku Kemendikbud Kurikulum Merdeka halaman 323.

Dalam mata pelajaran PAI kelas XI Bab 3 ini membahas tentang Peradaban Islam Pada Masa Modern.

Kunci jawaban dalam mata pelajaran PAI Kelas XI SMA, Penilaian Pengetahuan bagian Pilihan Ganda Halaman 323 ini dapat menjadi acuan siswa dalam belajar, sehingga akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari.

Namun, perlu diingat bahwa kunci jawaban ini tidak bersifat mutlak, sehingga diharapkan hanya menjadi referensi saja, karena semuanya kembali kepada penilaian guru masing-masing.

Kunci Jawaban PAI Kelas XI Halaman 323

1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh ….

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

D. Sultan Mahmud II

E. Rifa’ah Baidawi R. al-Tahtawi

2. Perhatikan tokoh di bawah ini!

Baca Juga: Hikmah Belajar Peradaban Islam pada Masa Modern Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

1) Muhammad Ali Pasya

2) Muhammad Abduh

3) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi

4) KH. Ahmad Dahlan

5) KH. Hasyim Asy’ari

6) Muhammad Iqbal

Dari tokoh Islam pada masa modern yang berkiprah di Mesir adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 3), dan 4)

C. 3), 4, dan 5)

D. 4), 5), dan 6)

Baca Juga: Pengaruh Islam Masa Modern Bagi Indonesia, Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

E. 5), 6), dan 1)

3. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu oleh Harun Nasution disebut dengan ….

A. masa klasik

B. masa pertengahan

C. masa transisi

D. masa modern

E. masa kejayaan

4. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….

A. Jamaludin al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan

B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin al-Afghani

C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal

Baca Juga: Mengenal KH. Hasyim Asy’ari, Tokoh Islam pada Masa Modern Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal

E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya

5. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran, militer, dan teknik adalah…

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

D. Sultan Mahmud II E. Rifa’ah Baidawi

6. Perhatikan kitab di bawah ini

1) Al-Qadha wa al-Qadar

2) Risalah tauhid

3) Syarh Nahjil Balaghah

Baca Juga: Mengenal Muhammad Iqbal Tokoh Islam pada Masa Modern Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

4) Ishlahu al-Mahakim al-Syar’iyyah

5) Adab al-Alim wa al-Muta’allim Dari kitab di atas yang merupakan karya Muhammad Abduh adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 2), 3), dan 4)

C. 3), 4, dan 5)

D. 4), 5), dan 1)

E. 5), 1), dan 2)

7. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….

A. Jamaludin al-Afghani

B. Muhammad Rasyid Ridha

C. Muhammad Abduh

Baca Juga: Muhammad Abduh Tokoh Islam pada Masa Modern Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

D. Sultan Mahmud II

E. Muhammad Iqbal

8. Di bawah ini adalah pokok-pokok pikiran KH. Ahmad Dahlan adalah kecuali ….

A. fondasi dalam pemerintahan dalam Islam mempunyai tujuan memberi persamaan bagi setiap muslim, melayani kepentingan dengan cara perundingan, dan menjaga keadilan

B. model pendidikan memadukan dua jenis yatu pesantren dan sekolah umum. Dalam pengajarannya menggabungkan antara sistem pengajaran pesantren dan Pendidikan Barat

C. tujuan utama pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang berbudi luhur, alim dalam agama, memiliki pandangan luas, dan paham tentang masalah ilmu keduniaan

D. pendidikan harus mencetak manusia-manusia yang berjiwa nasionalisme dan patriotisme, sehingga bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat

E. materi pendidikan harus meliputi: pendidikan moral dan akhlak, pendidikan individu, dan pendidikan kemasyarakatan

9. KH. Hasyim Asy’ari adalah sosok yang produktif menulis kitab. Karya beliau yang berisi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di antara sesama umat Islam dalam merespon upaya-upaya yang telah dilakukan Belanda adalah….

A. Adab al-alim wa al-muta’allim

B. Al-Mawa’idz

Baca Juga: Mengenal Muhammad Ali Pasya, Tokoh Islam pada Masa Modern Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

C. Al-Nur al-Mubin

D. Al-Tanbihat wa al-wajibat

E. Al-Durar al-Muntatsirah

10. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….

A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK

B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya

C. mendorong semangat untuk berjuang

D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki

E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat

Baca Juga: Kondisi Islam pada Masa Modern, Buku PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka