Syarat Imunisasi Bayi di Puskesmas untuk Mewujudkan Keluarga Sehat Anak Berprestasi

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 16 Januari 2024 | 15:12 WIB
Syarat imunisasi bayi di puskesmas penting diketahui untuk mewujudkan keluarga sehat anak berprestasi (Freepik.com)

Nakita.id - Imunisasi bayi adalah langkah krusial dalam upaya menjaga kesehatan anak dan mewujudkan keluarga sehat anak berprestasi.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi lokasi utama di mana program imunisasi bayi dapat diakses dan diimplementasikan.

Inilah imunisasi bayi di Puskesmas sebagai landasan menuju keluarga sehat anak berprestasi.

Syarat Imunisasi Bayi di Puskesmas

Melansir dari Nakita.id, Bidan Lina mengatakan bahwa syarat imunisasi bayi di puskesmas dianjurkan membawa fotokopi KK (Kartu Keluarga).

"Kenapa harus bawa fotokopi KK? Terutama untuk anak-anak yang sudah memiliki NIK ya, jadi nanti akan terintegrasi dengan (aplikasi) SATUSEHAT atau kita sebut dulu PeduliLindungi.

Jadi, status anak tersebut sudah lengkap," terang bidan yang menjabat sebagai Koordinator Imunisasi Anak di Puskesmas Kelapa Dua, Tangerang Selatan ini.

"Karena eranya sudah digital dan pencatatan takutnya hilang, bukunya hilang, jadi diinformasikan kepada orangtua, silakan bawa KK fotokopinya," katanya berpesan.

Bidan Lina bahkan menyarankan untuk menempel fotokopi KK tersebut di buku imunisasi yang akan dibawa orangtua.

"Untuk apa? Untuk kita input dalam aplikasi yang nanti orangtua bisa cek langsung, menyalur ke NIK ibunya langsung," jelasnya.

Sebagai kesimpulan, ada dua dokumen yang harus Moms dan Dads bawa untuk mendapatkan imunisasi anak.

Yaitu, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan buku imunisasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Depresi Pasca Melahirkan yang Wajib Diketahui, Bisa Bantu Dukung Keluarga Sehat Anak Berprestasi