Kunci Jawaban Halaman 170 PAI Kelas XI Paling Lengkap, Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 30 Januari 2024 | 16:12 WIB
Kunci jawaban halaman 170 PAI kelas XI (Freepik)

Nakita.id - Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran PAI kelas XI halaman 170 pada kurikulum merdeka.

Peserta didik bisa menggunakannya sebagai referensi, jangan sebagai contekan.

Kunci Jawaban Halaman 170 PAI Kelas XI

Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pernyataan di bawah ini sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Saat jayanya kerajaan Islam, peran ulama sangat menonjol sebagai bagian dari pejabat elite. Adapun perannya yang paling penting adalah … .

A. duduk menemani para pemimpin yang membidangi pemerintahan

B. berbeda-beda peran sesuai wilayah atau daerah yang dikuasai

C. menjadi penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaan

D. mempengaruhi pemimpin agar menegakkan aturan

E. dikembalikan aturan bernegara yang menyimpang

Kunci Jawaban: C. menjadi penasehat di bidang keagamaan bagi kerajaan

2. Syekh Nawawi pernah menjadi imam di Masjidil Haram, mengajar di Haramain, dan mendapatkan gelar Sayyidul Hijaz. Saat itu, yang termasuk Hijaz adalah wilayah … .

Baca Juga: Para Ulama di Indonesia dan Teladan yang Dapat Dicontoh, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka

A. Timur Tengah seluruhnya

B. Makkah, Madinah, dan Damaskus

C. Palestina, Yordania dan Yaman

D. Saudi Arabia, Irak dan Iran

E. Jazirah Arab, Makkah, Madinah

Kunci Jawaban: E. Jazirah Arab, Makkah, Madinah

3. Sampai saat ini, karya-karya beliau masih dipelajari, dikaji, dan ditelaah di pesantren. Misalnya kitab Sullam al-Munajah syarah Safinah al-Shalah dan Nashaih al-‘Ibad syarah al-Manbahatu ‘ala al-Isti’dad li yaum al-Mi’ad. Itu adalah karya tulis dari … .

A. Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani

B. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari

C. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-Palimbani

D. Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani

Baca Juga: Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan Agama Islam Kelas XI Halaman 132-135 Kurikulum Merdeka

E. Nuruddin bin Ali ar-Raniri

Kunci Jawaban: A. Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani

4. Setiap tanah yang dipijak, selalu melakukan dakwah, bahkan saat diasingkan, beliau bahkan diberi gelar oleh Nelson Madela (Presiden Afrika Selatan) sebagai ‘Salah Seorang Putra Afrika Terbaik’. Beliau adalah … .

A. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari

B. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-Palimbani

C. Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani

D. Nuruddin bin Ali ar-Raniri

E. Hamzah Fansuri

Kunci Jawaban: A. Syaikh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari

5. Syekh Abdus Samad merupakan tokoh kunci pembuka dan pelopor perkembangan intelektualisme Nusantara Indonesia. Jumlah karyanya kurang lebih 20 kitab/buku. Namun, karyanya yang terkenal dan sampai saat ini masih dipergunakan adalah … .

A. Kaifiyat al-Dzikir

Baca Juga: Persamaan dan Perbedaan Dakwah dengan Khutbah, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka

B. Al-Tafsir al-Munir li al-Mu’alim

C. Al-Tausyih/Quwt al-Habib al-Gharib

D. Hidayatus Salikin dan Siyarus Salikin

E. An-Nafhatu As Sailaniyah

Kunci Jawaban: D. Hidayatus Salikin dan Siyarus Salikin

6. Beliau adalah negarawan, ahli fikih, teolog, sufi, sejarawan dan sastrawan penting dalam sejarah Melayu pada abad ke-17. Perannya dalam perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat diabaikan. Beliau adalah … .

A. Abu Abdul Mu’thi Nawawi al-Tanari al-Bantani

B. Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati al-Makasari

C. Abdus Samad bin Abdullah al-Jawi al-Palimbani

D. Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani

E. Syekh Nuruddin bin Ali ar-Raniri

Baca Juga: Pengertian, Rukun dan Sunnah Khutbah, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban: E. Syekh Nuruddin bin Ali ar-Raniri

7. Syekh Abdul Rauf dapat dikatakan sebagai poros sejumlah ulama Nusantara. Adapun nama muridnya yang paling berjasa, sehingga mampu mendakwahkan Islam kepada kaum bangsawan Kerajaan Pagaruyung adalah … .

A. Abu Abdul Mu’thi Nawawi

B. Abul Mahasin Tajul Khalwati

C. Syekh Burhanudin Ulakan

D. Sholeh bin Umar

E. Ali ar-Raniri

Kunci Jawaban: C. Syekh Burhanudin Ulakan

8. Kiai Sholeh Darat menjadi salah satu pengajar di Makkah. Muridnya berasal dari seluruh penjuru dunia, termasuk dari Jawa dan Melayu.

Berikut ini, murid dan santrinya yang berhasil di didik, kecuali … .

A. Hadratu Syekh KH Hasyim Asy’ari

Baca Juga: Media dan Strategi Dakwah yang Digunakan dari Zaman Dulu hingga Sekarang, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka

B. KH Ahmad Dahlan

C. RA. Kartini

D. Iskandar Zulkarnain

E. KH Amir Idris

Kunci Jawaban: D. Iskandar Zulkarnain

9. Sepanjang hayatnya, beliau tidak hanya fasih berbahasa Melayu, tetapi juga Jawa, Siam (Thailand), Hindi, Arab, dan Persia. Namun, karya tulisnya menggunakan Bahasa Melayu. Beliau adalah … .

A. Mbah Sholeh Darat

B. Muhammad Arsyad

C. Bukhari al-Jauhari

D. Syekh Hamzah Fansuri

E. KH Dahlan Tremas

Baca Juga: Syarat dan Metode Dakwah serta Materi Dakwah dari Alquran, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban: D. Syekh Hamzah Fansuri

10. Ajaran pokok tarekat Syekh Yusuf berkisar pada usaha manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Di antara risalah yang ditulisnya berjudul an-Nafhatu as-Sailaniyah yang pokok isinya tentang … .

A. memohon (berdoa) itu semestinya hanya kepada Allah Swt

B. petunjuk-petunjuk bagi orang yang akan mulai memasuki tarekat

C. berdiam diri tidak bicara, kecuali mengucapkan kalimat dzikir

D. berwudhu terlebih dahulu, jika ada hadas (besar dan kecil)

E. ada 20 macam adab berdzikir

Kunci Jawaban: B. petunjuk-petunjuk bagi orang yang akan mulai memasuki tarekat

Baca Juga: Pengertian Dakwah, Adab dan Tujuan Serta Sasaran Dakwah Rangkuman Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka