Harga Beras Terbaru! Papua Punya Harga Paling Murah Dibanding Provinsi Lainnya

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 19 Februari 2024 | 10:28 WIB
Harga beras terkini (Freepik.com)

Nakita.id - Beras merupakan salah satu komoditas pangan utama yang memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perubahan harga beras dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap inflasi, daya beli masyarakat, dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

Berikut informasi mengenai harga beras di 38 provinsi di Indonesia. Kira-kira mana yang paling murah saat ini?

Di Indonesia, harga beras cenderung mengalami fluktuasi yang signifikan, dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti produksi, distribusi, permintaan pasar, dan kebijakan pemerintah. Pada tahun-tahun terakhir, harga beras di Indonesia telah mengalami peningkatan yang cukup tajam, meskipun dengan variasi yang signifikan antara wilayah-wilayah tertentu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), harga beras di Indonesia pada tahun lalu (2023) mengalami kenaikan yang cukup mencolok dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca ekstrem, fluktuasi nilai tukar, dan kebijakan impor yang diberlakukan pemerintah.

Harga Beras

Harga beras di 38 provinsi di Indonesia juga dijual di atas HET (Harga Eceran Tertinggi).  HET beras sekarang adalah Rp 12.500 per kilogram.

Berikut harga beras medium di seluruh wilayah Indonesia:

Aceh: Rp 13.200 per kilogram

Sumatera Utara: Rp 13.990 per kilogram

Sumatera Barat: Rp 14.920 per kilogram

Riau: Rp 13.420 per kilogram

Jambi: Rp 12.500 per kilogram

Baca Juga: Harga Beras Premium Masih Tinggi pada Bulan Februari 2024, Cek di Sini!