Yuk Moms Belanja Superfood Ini di Happy Harvest dengan Promo Spesial BRI Potongan Langsung Rp 50.000

By Yussy Maulia, Sabtu, 24 Februari 2024 | 13:19 WIB
Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat di rumah. (Shutterstock)

Nakita.ID – Pernahkah Moms mendengar istilah “superfood”? Meski terdengar asing bagi sebagian orang di Indonesia, istilah superfood ternyata sudah lama dikenal di negara-negara besar, seperti Amerika Serikat.

Menurut publikasi Harvard School Public of Health, superfood adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makanan bernutrisi tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Meski belum ada penelitian yang membahas lebih dalam terkait superfood, banyak ahli kesehatan yang menyepakati bahwa makanan yang disebut superfood memang memiliki kandungan nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, hingga serat.

Beruntungnya, Indonesia merupakan negara tropis sehingga produksi beragam buah dan sayur yang merupakan superfood melimpah. Begitu juga sumber makanan hewani yang termasuk superfood. Moms bisa menemukan banyak superfood yang dipasarkan di supermarket, seperti Happy Harvest.

Baca Juga: 10 Ramuan Jus Terbaik untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi superfood yang bisa Moms sajikan di rumah untuk keluarga.

  1. Alpukat

Siapa yang tidak suka alpukat? Buah berdaging tebal ini nikmat, baik untuk dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus atau smoothies.

Alpukat kaya akan vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. Kandungan tersebut menjadikan buah ini baik untuk mengatasi peradangan, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan jantung, serta mencegah osteoporosis dan kanker.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon dikenal dengan kandungan omega 3 yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi otak. Selain itu, ikan ini mengandung protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, dan kalium.

Dengan segala kandungan nutrisinya, ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kinerja otak, melawan kanker, dan memelihara berat badan ideal.

Mengolah ikan salmon juga tidak sulit. Moms bisa mengolahnya menjadi sup, steak salmon, atau bahkan dimakan mentah seperti dijadikan topping sushi. Namun, jika ingin dimakan mentah, pastikan Moms membeli ikan salmon di supermarket yang terjamin kebersihan dan keamanannya.

Baca Juga: Resep MPASI 6 Bulan, Bubur Ikan Salmon Slow Cooker, Praktis dan Antiribet