Kenali Ciri-ciri Stunting pada Batita dan Tips Penangannya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 29 Februari 2024 | 15:30 WIB
Ciri stunting pada batita (Freepik)

Nakita.id - Stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang memadai, dapat memiliki dampak jangka panjang pada perkembangan fisik dan kognitif anak. Pada batita, fase pertumbuhan yang sangat penting, mengenali ciri-ciri stunting menjadi kunci untuk memberikan intervensi secepat mungkin.

Berikut adalah beberapa ciri stunting pada batita yang perlu diwaspadai, melansir dari berbagai sumber.

1. Berat Badan dan Tinggi Badan yang Tidak Sesuai dengan Usia

Salah satu ciri utama stunting adalah pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usia. Batita yang mengalami stunting mungkin memiliki berat badan dan tinggi badan di bawah rata-rata anak sebaya mereka.

2. Tubuh Proporsional Tetapi Kecil

Meskipun tubuh tampak proporsional, anak yang mengalami stunting memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada anak seusianya yang sehat. Proporsi yang normal tetapi kecil menjadi tanda peringatan.

3. Pertumbuhan Gigi yang Terlambat

Anak yang mengalami stunting mungkin mengalami pertumbuhan gigi yang terlambat. Gigi bisa muncul lebih lambat daripada anak sebaya yang tidak mengalami stunting.

4. Kekurangan Berat Badan dan Tinggi Badan

Batita yang stunting umumnya memiliki berat badan dan tinggi badan di bawah kurva pertumbuhan normal. Grafik pertumbuhan anak yang terlalu rendah menunjukkan adanya masalah stunting.

5. Perkembangan Motorik yang Terlambat

Baca Juga: Daftar Kandungan Gizi pada Makanan yang Diperlukan Bayi Stunting 1 Tahun