Apakah Aman Menggoreng Nasi Kemarin? Mitos dan Fakta yang Perlu Moms Ketahui

By Kirana Riyantika, Minggu, 31 Maret 2024 | 19:30 WIB
Masak nasi kemarin (Freepik)

 

Nakita.id - Mungkin Moms pernah mendengar bahwa menggoreng nasi yang telah disimpan semalam bisa menjadi pemicu keracunan makanan atau bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Namun, apakah klaim ini benar adanya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mitos dan fakta seputar menggoreng nasi kemarin serta apakah aman atau tidaknya untuk dikonsumsi.

Mitos dan Fakta Masak Nasi Kemarin

1. Mitos: Menggoreng Nasi Kemarin Menyebabkan Keracunan Makanan

Fakta: Sebenarnya, keracunan makanan yang disebabkan oleh menggoreng nasi kemarin jarang terjadi jika tindakan penggorengan dilakukan dengan benar.

Penyebab utama keracunan makanan adalah pertumbuhan bakteri patogen, terutama Bacillus cereus, yang dapat tumbuh pada nasi yang disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa jam atau semalam.

2. Mitos: Bakteri Pada Nasi Kemarin Tidak Akan Mati Saat Digoreng

Fakta: Saat Moms menggoreng nasi, suhu minyak yang tinggi akan membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya yang mungkin ada pada nasi.

Oleh karena itu, menggoreng nasi kemarin pada suhu yang tepat dapat membantu mengurangi risiko keracunan makanan.

3. Mitos: Nasi Kemarin Mengandung Toksin Berbahaya

Fakta: Ketika nasi disimpan pada suhu ruangan selama beberapa jam atau semalam, bakteri Bacillus cereus dapat menghasilkan toksin yang berpotensi menyebabkan keracunan makanan jika nasi tidak dimasak atau disimpan dengan benar.

 Baca Juga: Ide Menu Bekal Sehat Anak Sekolah, Mudah dan Cepat Membuatnya