10 Contoh Portofolio UTBK 2024 Jurusan Seni dan Olahraga yang Menarik

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 28 Maret 2024 | 17:30 WIB
Contoh portofolio UTBK 2024 jurusan seni dan olahraga (Freepik.com)

Nakita.id - Contoh portofolio UTBK 2024 menjadi hal yang penting saat ini dicari oleh calon mahasiswa khusunya yang mengambil jurusan seni dan olahraga, karena selain tes UTBK, portofolio UTBK syarat lolos masuk PTN yang dituju.

Banyak yang masih kebingungan mengenai hal ini, maka dibuatlah contoh portofolio UTBK 2024 agar lolos PTN dan jurusan yang diinginkan.

Portofolio merupakan salah satu syarat penting dalam pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

Peserta yang memilih program studi dalam bidang seni dan olahraga diwajibkan untuk menyusun portofolio yang sesuai dengan jenis program studi yang dipilih. Portofolio ini kemudian diunggah saat mendaftar SNBP dan SNBT di laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi SNPMB, terdapat 10 jenis portofolio yang diperlukan dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi dan tes.

Jenis-jenis portofolio ini mencakup bidang olahraga, seni rupa, desain, kriya, tari, teater, musik, karawitan, etnomusikologi, fotografi, film, televisi, dan seni pedalangan.

Untuk memahami bagaimana cara membuat portofolio berdasarkan jenisnya, perhatikan panduan berikut ini

10 Contoh Portofolio UTBK 2024

1. Olahraga

Persyaratan:

- 1 file video format MP4 berisi:

- Perkenalan diri

- Cuplikan pelaksanaan tes keterampilan motorik

Baca Juga: Inilah Kelompok yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT 2024, Harus Lakukan Apa?