5 Manfaat Menyusui Saat Puasa, Salah Satunya Mendukung Kesehatan Mental

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 30 Maret 2024 | 19:30 WIB
Menyusui saat puasa ternyata punya berbagai manfaat, termasuk menjaga kesehatan mental Moms (Freepik)

Nakita.id - Menyusui merupakan tindakan mulia yang tidak hanya memberikan nutrisi penting bagi bayi, tetapi juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan Moms.

Saat bulan Ramadan tiba, banyak Moms yang mungkin khawatir tentang menyusui sambil berpuasa.

Namun, dengan pemahaman yang tepat dan perhatian khusus, menyusui selama puasa dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan bagi kedua belah pihak.

1. Nutrisi Optimal untuk Bayi

Saat Moms menyusui, ASI (Air Susu Ibu) memberikan nutrisi esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bahkan saat Moms berpuasa, kualitas dan kuantitas ASI biasanya tetap terjaga, asalkan Moms tetap memperhatikan asupan nutrisi dan cairan yang cukup saat berbuka dan sahur.

2. Meningkatkan Ikatan Emosional

Menyusui adalah momen keintiman antara Moms dan bayi.

Saat Moms menyusui sambil berpuasa, ikatan emosional ini menjadi lebih kuat karena momen tersebut menjadi simbol kasih sayang dan perhatian ibu yang tidak tergantikan.

3. Menjaga Kesehatan Moms

Meskipun mungkin ada kekhawatiran tentang kekurangan cairan dan nutrisi selama berpuasa, penelitian menunjukkan bahwa menyusui sendiri dapat membantu Moms dalam menjaga kesehatan.

Baca Juga: Masih Takut Puasa Saat Menyusui? 5 Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui Ini Bisa Jadi Motivasi Moms di Ramadan Tahun Ini

Proses menyusui memicu pelepasan hormon oksitosin yang dapat membantu dalam pemulihan setelah melahirkan dan menurunkan risiko depresi postpartum.

4. Efek Positif pada Metabolisme

Menyusui juga dapat memiliki efek positif pada metabolisme Moms.

Saat berpuasa, tubuh dapat memanfaatkan cadangan lemak untuk memproduksi ASI, sehingga membantu dalam proses penurunan berat badan pasca kelahiran.