Bisakah Program Hamil Dilakukan di Posyandu? Baca Penjelasan Berikut

By Shannon Leonette, Minggu, 21 April 2024 | 10:30 WIB
Moms dan Dads harus tahu, program hamil pada dasarnya tidak bisa dilakukan di posyandu. Berikut penjelasannya. (Freepik.com)

Nakita.id - Banyak pasutri yang mendambakan hadirnya keturunan. Agar keinginan mereka dapat terkabul, tentu pasutri harus mengikuti program hamil.

Sebagai informasi, program hamil adalah layanan kesehatan untuk pasutri yang ingin memiliki anak, dimana meliputi pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan konseling genetik.

Program hamil ini bisa didapat di fasilitas kesehatan tertentu saja, Moms dan Dads.

Lantas, apakah bisa program hamil di posyandu?

Moms dan Dads harus tahu, posyandu adalah salah satu layanan kesehatan masyarakat yang utamanya berfokus pada kesehatan ibu dan anak.

Pada dasarnya, posyandu memiliki program KB (keluarga berencana), program KIA (kesehatan ibu dan anak), pemantauan gizi anak dan ibu hamil, pencegahan dan pengobatan diare, hingga imunisasi.

Selain itu, pelaksanaannnya berlangsung sebulan sekali sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing.

Kembali lagi ke pertanyaan, apakah bisa program hamil di posyandu? Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, program hamil tidak bisa dilakukan di posyandu.

Posyandu hanya berperan dalam memantau kondisi kesehatan juga gizi pada ibu hamil itu sendiri.

Moms dan Dads yang ingin mengikuti program hamil bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan di rumah sakit atau klinik terdekat.

Jenis Program Hamil

Selain itu, program hamil terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasannya masing-masing secara lengkap.

Baca Juga: Bisakah Berobat di Posyandu? Coba Pahami Perannya Sebagai Pelayan Kesehatan