5 Penyebab Nyeri Sendi Saat Cuaca Dingin dan Cara Mengatasinya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 17 April 2024 | 18:30 WIB
penyebab nyeri sendi saat cuaca dingin (Freepik)

Nakita.id - Saat suhu turun, beberapa orang mengalami peningkatan rasa nyeri pada sendi mereka.

Fenomena ini sering dikaitkan dengan cuaca dingin, meskipun mekanisme pasti di balik hubungan ini masih belum sepenuhnya dipahami.

Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan sendi nyeri saat cuaca dingin.

Penyebab Nyeri Sendi Saat Cuaca Dingin

1. Perubahan Tekanan Atmosfer

Saat suhu turun, tekanan atmosfer cenderung meningkat.

Perubahan tekanan ini dapat memengaruhi jaringan di sekitar sendi, termasuk tendon, ligamen, dan jaringan lunak lainnya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa nyeri pada sendi.

2. Pengerasan dan Penyempitan Pembuluh Darah

Pada cuaca dingin, pembuluh darah cenderung menyempit dan mengeras, yang dapat mengurangi aliran darah ke sendi-sendi dan meningkatkan kekakuan serta rasa nyeri pada area tersebut.

3. Pengaruh Kelembaban

Cuaca dingin sering kali disertai dengan peningkatan kelembaban udara.

Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan di sekitar sendi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan pada sendi dan menyebabkan rasa nyeri.

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Pada cuaca dingin, seseorang cenderung kurang aktif secara fisik karena cenderung lebih memilih untuk tinggal di dalam ruangan.

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan kekakuan dan ketegangan pada sendi, yang dapat meningkatkan risiko nyeri saat cuaca dingin.

5. Sensitivitas Terhadap Suhu

Beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas terhadap perubahan suhu, di mana sendi-sendi mereka menjadi lebih rentan terhadap rasa nyeri saat cuaca dingin.

Baca Juga: Masih Banyak yang Tak Tahu, Ini Penyebab Nyeri Sendi pada Anak Balita