Menyusui Lebih dari 2 Tahun Jadi Anjuran Terbaru WHO, Ini Manfaat dan Risikonya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 19 April 2024 | 12:45 WIB
Manfaat dan risiko menyusui lebih dari 2 tahun (Freepik)

Nakita.id - Menyusui merupakan proses alami yang memberikan nutrisi dan perlindungan yang penting bagi perkembangan bayi.

Namun, keputusan untuk menyusui lebih dari 2 tahun sering kali menjadi perdebatan.

Berikut adalah beberapa manfaat dan risiko yang perlu dipertimbangkan terkait dengan menyusui lebih dari 2 tahun, mengutip dari berbagai sumber.

Manfaat Menyusui Lebih dari 2 Tahun

1. Nutrisi yang Optimal

ASI (Air Susu Ibu) mengandung nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Menyusui lebih dari 2 tahun dapat memberikan anak nutrisi tambahan yang dibutuhkannya saat berkembang.

2. Perlindungan Imun

ASI mengandung antibodi dan zat kekebalan lainnya yang membantu melindungi anak dari infeksi dan penyakit. Menyusui lebih dari 2 tahun dapat memberikan anak perlindungan imun tambahan yang dapat membantu mencegah penyakit.

3. Hubungan Emosional

Menyusui tidak hanya memberikan nutrisi fisik, tetapi juga memperkuat ikatan emosional antara ibu dan anak. Menyusui lebih dari 2 tahun dapat memperpanjang waktu untuk terjalinnya ikatan ini, yang dapat memberikan anak rasa keamanan dan kenyamanan.

4. Kesehatan Mental

Menyusui dapat memberikan dukungan emosional bagi ibu dan anak. Melalui proses ini, anak dapat merasa nyaman dan terhubung dengan ibunya, sementara ibu dapat merasa dihubungkan dengan peran ibu dan merasa dihargai atas kontribusinya terhadap kesejahteraan anaknya.

Baca Juga: Apakah Pilek pada Ibu Menyusui Menular ke Bayi? Ini Cara Mencegahnya