Cuaca Selasa 23 April 2024, Hujan Lebar Hati-hati Keluar Rumah

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 22 April 2024 | 20:00 WIB
Cuaca Selasa 23 April 2024 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Cuaca Selasa 23 April 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Pemberitahuan awal dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan kemungkinan cuaca ekstrem Selasa 23 April 2024.

Pusat tekanan rendah atau Low Pressure Area (LPA) terdeteksi di wilayah Samudra Hindia barat daya Bengkulu.

Hal ini menyebabkan pembentukan area perlambatan kecepatan angin yang membentang dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, serta di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, juga terbentuk area pertemuan angin di Selat Karimata.

Fenomena siklonik terdeteksi di Laut Arafuru yang menciptakan area perlambatan kecepatan angin yang membentang dari Papua hingga Papua Tengah.

Di samping itu, teramati juga adanya daerah konvergensi yang membentang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, di Laut Sulawesi, di Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Maluku.

Kondisi-kondisi ini berpotensi meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar daerah tekanan rendah atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Pengamatan BMKG ini memberikan peringatan awal kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan cuaca ekstrem yang dapat terjadi besok.

Daerah yang terkena dampak potensial dari fenomena ini termasuk Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTT, Papua, Papua Tengah, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Laut Sulawesi, Sulawesi bagian tengah, dan Maluku.

Oleh karena itu, disarankan agar masyarakat tetap mengikuti perkembangan cuaca dan mempersiapkan diri dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.