Cuaca Rabu 24 April 2024, Hati-hati Jawa Tengah dan Bali Hujan Lebat!

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 23 April 2024 | 21:30 WIB
Cuaca Rabu 24 April 2024 (Nakita.id)

Nakita.id - Cuaca Rabu 24 April 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Peringatan cuaca ekstrem dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menginformasikan tentang kondisi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah Indonesia pada Rabu, 24 April 2024.

Diperkirakan bahwa cuaca ekstrem ini akan meliputi hujan lebat, petir, dan angin kencang, yang dapat berdampak signifikan terhadap aktivitas sehari-hari serta keamanan masyarakat.

Menurut BMKG, cuaca ekstrem tersebut dipicu oleh keberadaan daerah tekanan rendah (Low Pressure Area/LPA) yang terpantau di Samudera Hindia bagian barat daya Bengkulu.

Fenomena ini menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi yang memanjang dari Sumatera Barat hingga pesisir barat Bengkulu, serta di Samudra Hindia bagian barat Bengkulu.

Selain itu, terdapat juga daerah pertemuan angin (konfluensi) di Pesisir Barat Aceh hingga barat Bengkulu.

Tak hanya itu, BMKG juga mencatat adanya sirkulasi siklonik yang teramati di Laut Arafuru dan Laut Flores.

Sirkulasi ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Papua Pegunungan hingga Papua Selatan, serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

Prakiraan cuaca ekstrem ini memberikan peringatan kepada masyarakat di beberapa wilayah Indonesia, terutama di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, dan Bali, untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi dampak yang mungkin terjadi.

Dengan adanya informasi ini, diharapkan masyarakat dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga keselamatan dan keamanan diri serta harta benda.

Baca Juga: Cuaca Selasa 23 April 2024, Hujan Lebar Hati-hati Keluar Rumah