Benarkah Vaksin Kanker Serviks Gratis Maksimal Hanya Usia 26 Tahun? Cek Faktanya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 29 April 2024 | 18:30 WIB
Vaksin kanker serviks gratis (Freepik)

Nakita.id - Vaksin HPV atau human papillomavairus vaccine (HPV) yang dikenal sebagai vaksin kanker serviks cukup penting untuk perempuan.

Karena itu, beberapa waktu lalu pemerintah merancang usulan pemberian vaksin kanker serviks gratis untuk perempuan di Indonesia,

Akan tetapi menurut informasi, pemberian vaksin kanker serviks gratis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk perempuan berusia 26 tahun ke bawah, beredar di media sosial.

Menurut unggahan akun X @pandemictalks, Jumat (26/4/2024), disebutkan bahwa pemberian vaksin gratis diberikan mulai dari anak kelas 5 SD hingga berusia 26 tahun.

"Tahun ini, serentak dilaksanakan Agustus 2024 di seluruh provinsi Indonesia untuk kelas 5 dan 6 SD serta kelas 3 SMP.

Pemberian dosis lanjutan dilanjutkan Februari 2025. Kemenkes RI juga membuka program vaksinasi kanker serviks gratis untuk perempuan usia dewasa yakni 21 hingga 26 tahun," tulis unggahan tersebut.

Informasi pemberian vaksin kanker serviks gratis itu pun mengundang tanya warganet. 

Sebagai informasi, kanker serviks atau kanker leher rahim disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah melalui pemberian vaksin yang dikenal dengan imunisasi HPV.

Tingkat keberhasilan imunisasi HPV bisa mencapai 100 persen jika diberikan sebanyak dua dosis pada anak perempuan berusia 9-13 tahun.

Program imunisasi HPV sudah diberikan secara gratis dengan dua dosis kepada anak perempuan sebelum lulus sekolah dasar atau sederajat sejak 2016.

Baca Juga: Biaya Vaksin HPV Puskesmas yang Berguna untuk Mencegah Penyakit Kanker Serviks