Cuaca Minggu 26 Mei 2024, BMKG Prediksi 25 Wilayah Hujan Lebat

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 25 Mei 2024 | 21:20 WIB
Cuaca Minggu 26 Mei 2024 (Freepik)

Nakita.id - Cuaca Jumat 26 Mei 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang berlaku pada Minggu, 26 Mei 2024.

Berdasarkan data yang dipantau, sebanyak 25 wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan lebat yang dapat disertai dengan angin kencang.

Peringatan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi potensi dampak yang bisa terjadi, seperti banjir, tanah longsor, dan kerusakan bangunan akibat angin kencang.

BMKG melaporkan bahwa bibit siklon tropis 93W terpantau di Samudra Pasifik utara Maluku Utara dengan kecepatan angin mencapai 30 knots dan tekanan udara sebesar 1006 hPa.

Bibit siklon tropis ini diprediksi akan bergerak ke arah Barat - Barat Laut dan berpotensi berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan, dengan kategori potensi meningkat menjadi Tinggi.

Sistem bibit siklon tropis ini juga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari Papua Barat Daya hingga Laut Filipina, dari Kalimantan Timur hingga Sabah, perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Utara, Laut Banda hingga Laut Maluku, dan Papua bagian tengah.

Selain itu, sistem ini membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi di perairan utara Papua Barat Daya yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di sekitar bibit siklon tropis tersebut.

Selain bibit siklon tropis 93W, BMKG juga mengamati adanya sirkulasi siklonik di sekitar Teluk Bengal.

Sirkulasi ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di sekitar perairan barat hingga utara Aceh.

Baca Juga: Cuaca Jumat 3 Mei 2024, BMKG Sebut Sulawesi Barat Potensi Hujan Lebat