Manfaat Air Rendaman untuk Kesehatan, Juga Menurunkan Berat Badan

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 27 Mei 2024 | 14:03 WIB
Manfaat air rendaman untuk kesehatan (Pexels.com)

Nakita.id - Bahan alami memiliki manfaat bagi kesehatan jika diolah dengan cara yang tepat.

Dilansir dari Times of India, mengonsumsi minuman herbal yang diolah dengan cara merendam dan merebus rempah-rempah dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

Hal tersebut dapat membantu mengubah kalori menjadi energi dan dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas.

Air rendaman bahan alami juga bermanfaat melancarkan pencernaan, mengontrol berat badan, dan menghidrasi tubuh di tengah cuaca panas.

Lantas, apa saja air rendaman bahan alami untuk membantu menurunkan berat badan?

7 air rendaman bahan alami untuk menurunkan berat badan

Mengonsumsi minuman herbal di tengah terik Matahari tidak hanya meredakan dahaga, tetapi juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Berikut 7 minuman herbal yang dapat menurunkan berat badan:

1. Air lemon

Rendaman atau rebusan air lemon yang dipadukan dengan daun mint menawarkan rasa segar juga kaya vitamin C. Vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon mampu meningkatkan fungsi hati untuk mencerna lemak dalam tubuh. Selain itu, asam sitrat dalam air lemon juga merangsang pembentukan enzim pencernaan sehingga membantu memecah makanan.

Konsumsi air lemon di cuaca panas juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Minuman ini bisa dipadukan dengan es untuk menambah kesegaran atau disajikan secara hangat di pagi hari saat perut kosong.

2. Teh jahe

Jahe adalah rempah yang ditemukan di Indonesia dan berkhasiat membantu menurunkan berat badan. Rempah satu ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan karena memiliki sifat termogenik. Sifat termogenik meningkatkan pembakaran kalori dan detoksifikasi tubuh.

Mengonsumsi air rebusan jahe yang ditambah dengan teh juga bisa meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Sifat anti-inflamasinya meningkatkan sistem pencernaan sehingga mengurangi kembung dan rasa tidak nyaman di perut. Minum teh jahe juga dapat menjaga tingkat energi dan mengontrol berat badan.

Baca Juga: Menguntungkan dan Menyehatkan, Ini Manfaat Air Rendaman Kayu Manis Bagi Kehidupan Sehari-hari