Kembali Masuk Kurikulum, Kemendikbudristek Optimis Bahasa Inggris Bisa Jadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah Dasar

By Nita Febriani, Kamis, 30 Mei 2024 | 19:54 WIB
British Council bekerja sama dengan Kemendikbudristek meluncurkan "Pengembangan Model Pelatihan Guru Bahasa Inggris di Indonesia” (dok. British Council)

Nakita.id - Sebagai kurikulum yang berlaku secara nasional, Kurikulum Merdeka kembali memperkenalkan mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar (SD).

Secara bertahap, bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran wajib di seluruh sekolah dasar di Indonesia pada tahun ajaran 2027/2028.

Oleh sebab itu, British Council berinisiatif menggandeng Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meluncurkan inisiatif ambisius bertajuk "Pengembangan Model Pelatihan Guru Bahasa Inggris di Indonesia”.

Kerja sama yang dijajaki sejak tahun 2023 ini resmi diluncurkan di Jakarta pada 28 Mei 2024 sebagai tonggak penting dalam pengembangan bidang pendidikan.

Summer Xia, Direktur Indonesia dan Asia Tenggara, British Council menjelaskan “kolaborasi ini menegaskan komitmen kami untuk mendukung pengembangan profesional guru bahasa Inggris di seluruh negeri dan bertujuan untuk menciptakan dampak berkelanjutan pada pendidikan bahasa Inggris di Indonesia yang harapannya dapat memberi manfaat bagi ribuan siswa dalam jangka panjang."

Saat ini, terdapat 490 guru terpilih yang sedang mengikuti pelatihan pengembangan profesional oleh British Council secara daring dari bulan Februari hingga Agustus 2024.

Pelatihan ini dirancang untuk guru sekolah dasar dan menengah terpilih (CEFR level A2 dan B1) serta difasilitasi oleh para pelatih/e-moderator dari British Council.

Selain itu, British Council Indonesia juga sedang melatih 34 fasilitator dari Indonesia untuk menjadi moderator program pelatihan guru online secara efektif.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Norwich Institute for Language Education (NILE) ini mencakup e-moderation, familiarisasi terhadap learning management system (LMS) dan materinya, serta Training of Trainers (ToT) tatap muka.

Setelah sertifikasi, para fasilitator ini akan memfasilitasi pelatihan untuk kelompok guru bahasa Inggris yang lebih besar.

Program pelatihan inovatif ini terdiri dari dua komponen utama.

Baca Juga: Kunci Jawaban Activity 4 Listening Bab 5 Bahasa inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka