Menjaga Kesehatan Tulang Anak Sejak Dini, Cara Mendukung Keluarga Sehat Anak Berprestasi

By Poetri Hanzani, Senin, 3 Juni 2024 | 12:06 WIB
Menjaga kesehatan tulang anak sejak dini. (freepik)

Nakita.id - Menjaga kesehatan tulang anak sejak dini adalah langkah penting untuk memastikan mereka tumbuh kuat dan sehat.

Tulang yang kuat adalah fondasi bagi tubuh yang sehat dan aktif. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan tulang anak tumbuh dengan baik dan kuat.

Menjaga Kesehatan Tulang Anak Sejak Dini

1. Nutrisi Seimbang

Nutrisi yang tepat adalah kunci untuk kesehatan tulang. Anak-anak membutuhkan berbagai vitamin dan mineral untuk pertumbuhan tulang yang optimal. Beberapa nutrisi penting meliputi:

- Kalsium: Kalsium adalah komponen utama tulang. Pastikan anak mendapatkan cukup kalsium dari makanan seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran berdaun hijau.

- Vitamin D: Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari, tetapi juga dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, hati sapi, dan telur.

- Protein: Protein penting untuk pertumbuhan tulang. Sumber protein yang baik termasuk daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

- Magnesium dan fosfor: Mineral ini juga berkontribusi pada kesehatan tulang. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan kaya akan magnesium dan fosfor.

2. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Aktivitas yang melibatkan beban, seperti berlari, melompat, dan bermain, membantu merangsang pertumbuhan tulang. Anak-anak harus didorong untuk aktif setiap hari, setidaknya selama 60 menit. Beberapa kegiatan yang baik untuk tulang anak meliputi:

- Berlari dan melompat: Kegiatan ini memberikan tekanan pada tulang, yang membantu mereka menjadi lebih kuat.

- Olahraga teratur: Olahraga seperti sepak bola, bola basket, dan gimnastik sangat baik untuk kesehatan tulang.

- Bermain di luar ruangan: Selain mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, bermain di luar juga memberikan berbagai macam gerakan yang bermanfaat bagi tulang.

Baca Juga: Penting Diketahui Kalau Ingin Keluarga Sehat Anak Berprestasi, Ini 6 Menu MPASI yang Tidak Boleh Dipanaskan