Biaya Tagihan Listrik Juni Naik? Ini Kata Tangan Kanan Joko Widodo

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 5 Juni 2024 | 15:45 WIB
Tagihan listrik per Juni 2024 (Nakita.id/Kirana)

Nakita.id - Banyak yang bertanya biaya tagihan listrik Juni naik?

Inilah yang terjadi pada tagihan listrik per Juni 2024 kata tangan kanan Joko Widodo.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menjadi sorotan publik terkait kemungkinan adanya penyesuaian tarif dasar listrik (tariff adjustment) setelah Juni 2024.

Pada kuartal III-2024, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P Hutajulu, menyatakan bahwa saat ini belum ada kepastian mengenai keputusan pemerintah untuk menaikkan, menurunkan, atau menahan tarif dasar listrik.

"Belum bisa dijawab itu, tunggu saja nanti," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Jisman juga menekankan bahwa tarif dasar listrik dipastikan tidak akan mengalami kenaikan hingga Juni 2024.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kan sudah ditetapkan sebelumnya tidak ada kenaikan sampai Juni," kata Jisman. Keputusan ini pertama kali disampaikan dalam sidang kabinet yang dipimpin Jokowi pada 26 Februari 2024 lalu.

Dalam sidang tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga Juni 2024, serta tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk periode yang sama.

Dalam rangka mendukung keputusan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pemerintah akan menggelontorkan anggaran tambahan untuk PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

Tambahan anggaran ini dipenuhi dari Sisa Lebih Anggaran (SAL) dan pelebaran defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Baca Juga: Biaya Listrik Tegangan 900 Watt per Bulan, Siapkan dari Sekarang!

Defisit APBN 2024, yang semula ditetapkan sebesar 2,29 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), akan diperlebar menjadi 2,3-2,8 persen terhadap PDB.