Cara Mengatasi Kompor Gas yang Kena Air dengan Mudah dan Aman, Lakukan 10 Langkah Ini

By Poetri Hanzani, Senin, 10 Juni 2024 | 11:12 WIB
Cara mengatasi kompor gas kena air. (Freepik/ArtPhoto_studio)

Nakita.id - Kompor gas adalah salah satu peralatan dapur yang sangat penting di setiap rumah. Namun, apa yang harus dilakukan jika kompor gas terkena air?

Baik itu karena tumpahan dari panci atau kebocoran dari tempat lain, kompor gas yang terkena air bisa menyebabkan masalah serius jika tidak ditangani dengan benar.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengatasi kompor gas yang terkena air dengan aman dan efektif.

Cara Mengatasi Kompor Gas Kena Air

1. Matikan Sumber Gas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan sumber gas. Ini adalah langkah krusial untuk menghindari kebocoran gas yang bisa menyebabkan ledakan atau kebakaran.

Putar katup gas pada tabung ke posisi off (mati) dan pastikan bahwa tidak ada gas yang mengalir ke kompor.

2. Cabut Kompor dari Sumber Listrik

Jika kompor gas memiliki komponen listrik seperti pemantik otomatis atau oven yang menggunakan listrik, pastikan untuk mencabut kabel listrik dari stopkontak. Ini mencegah risiko korsleting yang bisa terjadi jika ada air yang masuk ke bagian listrik kompor.

3. Lap Kering Komponen yang Terkena Air

Gunakan kain bersih dan kering untuk menyeka air dari permukaan kompor dan bagian-bagian lainnya yang terkena air. Fokus pada area di sekitar burner dan knob kompor.

Pastikan untuk tidak meninggalkan air di permukaan karena bisa menyebabkan karat atau korosi pada bagian logam.

4. Bongkar Bagian yang Bisa Dilepas

Beberapa bagian kompor gas, seperti burner, grid, dan knob bisa dilepas untuk dibersihkan. Lepaskan bagian-bagian ini dengan hati-hati dan keringkan satu per satu. Jika burner terkena air, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkannya dengan sempurna sebelum dipasang kembali.

5. Periksa Selang dan Regulator Gas

Pastikan selang dan regulator gas dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran. Jika menemukan ada bagian yang rusak atau bocor, segera ganti dengan yang baru. Kebocoran pada selang atau regulator bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kebakaran.

6. Keringkan dengan Pengering Rambut

Setelah mengelap dengan kain, gunakan pengering rambut (hair dryer) untuk memastikan bahwa tidak ada kelembapan yang tersisa di bagian dalam kompor.

Baca Juga: Jangan Langsung Ditarik, Begini Cara Tepat Mengatasi Setrika Lengket di Baju