Amalan Sunnah Iduladha dan Amalan Saat Hari Tasyrik, Salah Satunya Puasa

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 15 Juni 2024 | 13:37 WIB
Amalan Iduladha (Pexels.com)

 

Nakita.id - Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah atau Senin, 17 Juni 2024.

Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan ibadah sunnah menjelang Iduladha dan tiga hari setelahnya atau dikenal sebagai Hari Tasyrik.

Amalan tersebut tidak wajib namun jika dikerjakan akan mendapat pahala.

Selengkapnya, simak amalan-amalan sunnah Iduladha yang dapat dilakukan oleh umat Islam, dikutip dari buku al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh karya Syekh Wahbah Zuhaili dan laman Kemenag Kepri.

Amalan Sunnah Iduladha

1. Menghidupkan malam takbiran

Takbiran Iduladha  ini dilakukan sejak waktu fajar pada hari Arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah hingga akhir hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah.

2. Mandi, memakai wewangian, dan mengenakan pakaian paling bagus

Nabi Muhammad SAW sering mengingatkan jika seorang muslim berdoa berjamaah agar mandi terlebih dahulu.

3. Berjalan kaki menuju tempat sholat Iduladha

Amalan lainnya pada saat Iduladha adalah berjalan kaki ketika berangkat menuju ke tempat salat Iduladha.Sahabat Ibnu Umar ra. berkata:“Rasulullah SAW biasa berangkat salat 'ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang pulang juga dengan berjalan kaki.” (HR. Ibnu Majah no. 1295)

4. Melaksanakan shalat Iduladha

Sebagaimana hadits dari Ibnu Umar Ra, bahwa Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar Ra, mereka biasa melakukan salat dua hari raya sebelum berkhutbah. (HR Al Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Muslim).

5. Melewati jalan yang berbeda

Umat Islam dianjurkan untuk melewati jalan yang berbeda ketika menuju ke tempat salat Iduladha.

Baca Juga: Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik, Persembahan Iduladha Ada Etikanya

Dari sahabat Jabir bin Abdullah ra., yang berkata:Ketika hari Idulfitri tiba, Nabi Muhammad SAW akan berbalik arah.“Nabi SAW ketika salat 'ied, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.” (H.R.Bukhari no.986)

6. Menunda makan setelah salat Idul Adha

Amalan sunnah berikutnya adalah makan setelah Shalat Iduladha.Disunnahkan menunda makan sebelum berangkat salat Iduladha sebagaimana diriwayatkan oleh Budairah bahwa Rasulullah SAW tidak berangkat pada hari Idulfitri sebelum makan terlebih dahulu dan beliau tidak makan pada waktu Iduladha kecuali setelah pulang dari sholat Iduladha.