Lokakarya Forum Anak Nasional 2024 Resmi Digelar, Kumpulkan Suara Anak dari Desa Sampai Tingkat Nasional

By Ratnaningtyas Winahyu, Rabu, 17 Juli 2024 | 14:17 WIB
Lokakarya Forum Anak Nasional sebagai salah satu rangkaian acara Hari Anak Nasional 2024 resmi digelar (Freepik.com/jcomp)

Nakita.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) secara resmi menggelar Lokakarya Forum Anak Nasional (FAN) 2024 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024.

Pada tahun 2024 ini, peringatan Hari Anak Nasional mengusung tema besar "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan enam subtema utama. Subtema-subtema tersebut meliputi Anak Cerdas Berinternet Sehat, Pancasila di Hati Anak Indonesia, Pengasuhan Layak untuk Anak: Digital Parenting, Suara Anak Membangun Bangsa, Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor, serta Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting.

Keenam subtema ini akan menjadi dasar penyusunan dan perumusan "Suara Anak Indonesia". Subtema-subtema tersebut menyoroti isu-isu penting yang harus tetap menjadi perhatian. "Suara Anak Indonesia" yang dirumuskan berdasarkan subtema-subtema ini akan disampaikan oleh perwakilan anak-anak kepada Presiden atau Wakil Presiden RI pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Jayapura, Papua, pada 23 Juli 2024.

Lokakarya Forum Anak Nasional 2024 bertujuan untuk meningkatkan kualitas partisipasi anak dalam pembangunan di tingkat nasional dan daerah. Tahun ini, Lokakarya Forum Anak Nasional diikuti oleh 169 peserta dari 38 provinsi.

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kemen PPPA, Dr. Ir. Pribudiarta Nur Sitepu, MM., menekankan pentingnya partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan nasional.

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kemen PPPA, Dr. Ir. Pribudiarta Nur Sitepu, MM.,

“Selamat untuk anak-anak semua yang telah sukses menyusun Suara Anak dari seluruh Indonesia yang telah disusun dari tingkat desa sampai ke tingkat nasional.” ujar Pribudiarta dalam acara pembukaan Lokakarya Forum Anak Nasional 2024 di Hotel Discovery Ancol, Selasa (16/7/2024).

“Partisipasi anak menjadi salah satu hal yang penting dalam perencanaan pembangunan nasional. Dengan adanya suara anak, diharapkan kita bisa membuat perencanaan pembangunan yang inklusif dan memberikan manfaat untuk segala lapisan masyarakat.” sambungnya.

Lokakarya FAN 2024 diharapkan juga dapat menjadi wadah yang strategis untuk menguatkan kelembagaan Forum Anak Nasional dan Provinsi, sehingga mampu menyelenggarakan partisipasi anak yang bermakna dalam setiap tahapan proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program-program yang berdampak langsung pada kehidupan anak Indonesia.

Dalam acara pembukaan Lokakarya Forum Anak Nasional 2024, Nakita berkesempatan mewawancarai dua peserta asal Jawa Tengah dan Kalimantan Barat.

Fransiska Kristiana Wibowo yang mewakili provinsi Jawa Tengah, telah mengikuti Lokakarya Forum Anak Nasional 2024 untuk yang ketiga kalinya.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2024: Manfaat Memberikan Anak Kesempatan Bersuara dan Memiliki Pilihan