Pesta Literasi Indonesia Kembali Digelar, Hadirkan Beragam Kegiatan Seru untuk Pecinta Buku hingga Drama Musikal

By Ratnaningtyas Winahyu, Sabtu, 20 Juli 2024 | 07:00 WIB
Pesta Literasi Indonesia 2024 akan berlangsung pada tanggal 26 Agustus - 1 September 2024 (Nakita.id/Tyas)

Nakita.id – Mengenalkan literasi pada anak sejak dini adalah fondasi penting untuk perkembangan akademik dan kognitif mereka di masa depan.

Literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi yang efektif.

Ketika anak-anak diperkenalkan dengan buku, cerita, dan bahasa sejak usia dini, mereka mengembangkan keterampilan bahasa yang kuat, meningkatkan kemampuan konsentrasi, serta membangun dasar untuk pembelajaran yang sukses di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Selain itu, literasi dini juga dapat menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak, menjadikannya pembelajar yang lebih antusias dan mandiri.

Dengan membiasakan anak untuk menyukai membaca dan berkomunikasi secara efektif, Moms mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri dan terampil.

Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan literasi pada anak sejak dini sebagai investasi berharga untuk masa depan mereka.

Salah satu cara menarik untuk mengenalkan literasi pada anak adalah dengan mengajaknya ke Pesta Literasi Indonesia.

Ya, Penerbit Gramedia embali menggelar Pesta Literasi Indonesia 2024 yang akan berlangsung dari 26 Agustus–1 September 2024 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Moms.

Dengan mengangkat tema "Samudra Imajinasi", acara ini menandai perayaan 50 tahun perjalanan Penerbit Gramedia dalam industri penerbitan Indonesia.

“Ini adalah kali kedua Gramedia mengadakan Pesta Literasi. Pesta Literasi adalah festival literasi oleh Gramedia yang bertujuan untuk semakin mendekatkan dunia buku dan literasi dengan masyarakat. Tahun ini, Pesta Literasi berbeda dari tahun lalu, karena tahun ini juga bertepatan dengan ulang tahun penerbit Gramedia yang ke-50. Jadi, ini sekaligus merayakan 50 tahun Gramedia menemani masyarakat Indonesia lewat buku-buku yang kami terbitkan.” ujar Adi Ekatama, Direktur Publishing Gramedia dalam konferensi pers, Kamis (18/7/2024).

Bukan tanpa alasan tema “Samudra Imajinasi” dipilih untuk menggambarkan Pesta Literasi Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Setelah Delapan Tahun Vakum Menulis, Eka Kurniawan Luncurkan Karya Terbarunya