Kandungan Makan Siang Sehat untuk Anak Sekolah yang Disarankan Dokter Anak

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 26 Juli 2024 | 14:30 WIB
Pentingnya kandungan makan siang untuk anak (Kompas.id)

Nakita.id - Makan siang merupakan hal penting yang dapat menunjang aktivitas anak seharian.

Berbagai manfaatnya di antaranya meningkatkan energi (produktivitas), menunjang kesehatan mental, mendukung metabolisme, dan mengendalikan berat badan.

Namun untuk memperoleh semua manfaat potensial tersebut, orang tua perlu memerhatikan menu makan siang yang akan diberikan untuk si kecil.

Untuk mengetahui seperti apa menu makan siang yang ideal untuk anak, simak penjelasan dokter berikut.

Seperti apa menu makan siang yang ideal?

Dokter spesialis anak Rumah Sakit UNS Solo dr. Aisya Fikritama, Sp.A mengungkapkan bahwa menu makan siang sebaiknya sesuai dengan pedoman Isi Piringku Kementerian Kesehatan RI.

"Kalau dulu kita sebut 4 sehat 5 sempurna, sekarang itu istilahnya adalah Isi Piringku. Jadi terdiri dari 50 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, kemudian 20-30 persen itu lemak, dan sisanya vitamin dan mineral," kata dokter Aisya kepada Kompas.com, Kamis (25/7/2024).

Aisya melanjutkan, makanan siang yang sehat itu tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bergizi dan menyehatkan tubuh.

Untuk sumber karbohidrat, dokter Aisya menjelaskan tidak hanya dengan mengonsumsi nasi, namun terdapat pilihan lain, seperti umbi-umbian, jagung, dan sagu.

"Disarankan untuk makanan pokok itu seenggaknya 150 gram nasi atau setara dengan 3 centong nasi, bisa juga kalau mau diganti dengan kentang dengan 3 buah kentang ukurannya sedang," lanjut Aisya.

"Kemudian untuk sumber protein, bisa dengan hewani, kalau unggas itu ada ayam, bebek, ikan, telur, dan susu. Kalau protein nabati bisa tahu tempe, kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang tanah, dan kacang hijau," imbuhnya.

Lalu untuk sumber lemak, bisa dipilih lauk dengan kandungan lemak sehat, contohnya ikan laut, kacang-kacangan, telur, kemiri, dan alpukat.

Baca Juga: Seperti Apa Makan Siang yang Sehat untuk Anak dan Keluarga? Ini Kriteria dan Contoh Menunya