Pentingnya Menjaga Imunitas Anak, Ternyata Berpengaruh Besar pada Kemampuan Belajar dan Akademik di Sekolah

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 28 Juli 2024 | 12:00 WIB
dr. Atilla Dewanti, SpA(K), Dokter Spesialis Anak (Dok. Nutricia)

Nakita.id – Salah satu tantangan besar yang perlu dihadapi orang tua saat ini adalah beradaptasi dengan era digital parenting, di mana informasi dari berbagai platform dapat dengan mudah diakses.

Berdasarkan hasil riset tahun 2019 terhadap orang tua millenial di Indonesia, lebih dari setengahnya (55,9%) memanfaatkan internet, khususnya media sosial untuk mencari informasi tentang parenting.

Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar di internet dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mencari informasi dari sumber terpercaya, agar dapat menerapkan parenting yang layak anak dan mendukung perkembangan optimal anak.

Mengingat bahwa kesehatan dan perkembangan kognitif anak menjadi isu penting dalam dunia parenting di era digital saat ini.

Perlu diketahui, menurut Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) masih menjadi masalah yang serius, sekitar 34,2% atau 3 dari 10 anak Indonesia mengalami ISPA.

Kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan anak, sebab sistem imun berperan penting dalam mendukung prestasi anak, karena kesehatan yang baik secara langsung mempengaruhi kemampuan belajar dan performa akademik anak.

Sementara, berdasarkan PISA (Programme for International Student Assessment) di tahun 2018, skor anak Indonesia tergolong rendah.

Dari 79 negara, Indonesia menduduki peringkat 73 untuk matematika, 74 untuk membaca, dan 71 untuk sains.

Rendahnya skor PISA ini pun mengindikasikan perlunya peningkatan tidak hanya dalam metode pendidikan, tetapi juga dalam aspek kesehatan anak.

Untuk memperbaiki performa akademik anak, dibutuhkan asupan nutrisi yang tepat.

Baca Juga: Anak Terlalu Banyak Screen Time, Kapan Moms Harus Merasa Khawatir?

Hal ini menjadi penting karena nutrisi yang tepat dapat menjadi meningkatkan daya tahan tubuh dan fungsi kognitif Si Kecil.