Merawat Area Kewanitaan dengan Sabun Mandi, Tepat atau Tidak Ya Moms?

By Yussy Maulia, Kamis, 8 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Menjaga area kewanitaan adalah salah satu bentuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. (Shutterstock)

Nakita.ID – Area kewanitaan merupakan salah satu bagian penting tubuh yang perlu dirawat.

Selain untuk menjaga kepercayaan diri, merawat area kewanitaan juga bisa mencegah berbagai masalah yang bisa membuat Moms tidak nyaman, seperti iritasi, gatal, dan bau tidak sedap.

Dalam melakukan perawatan, tak sedikit perempuan yang menggunakan sabun atau cairan antiseptik untuk membersihkan area kewanitaan secara rutin. Namun, apakah cara tersebut tepat, Moms?

Dilansir dari laman Medical News Today, sebenarnya membersihkan area kewanitaan menggunakan sabun mandi tidak disarankan.

Ini karena sabun mandi biasanya memiliki tingkat pH yang lebih tinggi dibandingkan pH area kewanitaan, sehingga dapat membunuh bakteri baik dan malah membuat kulit di area tersebut mudah infeksi.

Baca Juga: Alami Keputihan dan Gatal? Jangan-jangan Mikroflora di Area Kewanitaanmu Terganggu

Ada dua cara yang lebih aman untuk membersihkan dan merawat area kewanitaan, yaitu menggunakan air hangat dan cairan pembersih khusus kewanitaan. Simak penjelasan berikut, Moms.

Menggunakan air hangat

Menggunakan air hangat dapat menjadi cara praktis untuk membersihkan area kewanitaan. Untuk cara ini, Moms bisa memakai handuk basah atau cukup menggunakan tangan.

Jika menggunakan handuk, pastikan kainnya berbahan lembut agar tidak mengiritasi kulit. Lalu, usap handuk mulai dari bagian luar kewanitaan hingga pangkal paha secara perlahan.

Cara tersebut kurang lebih sama jika Moms menggunakan telapak tangan. Setelah membasuh area kewanitaan dengan air hangat, cukup usap lembut mulai dari bagian depan ke belakang, bukan sebaliknya.

Menggunakan pembersih khusus kewanitaan