Sering Aktivitas di Luar? Begini Tips Jaga Area Kewanitaan Agar Tidak Rentan Iritasi dan Berbau

By Yussy Maulia, Kamis, 8 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Aktivitas padat membuat Moms harus lebih perhatian dengan kesehatan tubuh, termasuk area kewanitaan. (Shutterstock)

Nakita.ID – Aktivitas padat dapat berpengaruh pada kondisi tubuh, tak terkecuali kesehatan area kewanitaan.

Saat beraktivitas di luar, misalnya, produksi keringat pada kulit di area kewanitaan bisa menimbulkan lembap, iritasi, bau kurang sedap, hingga mempengaruhi kondisi warna kulit.

Belum lagi, perubahan hormon, menstruasi, hingga gaya hidup sehari-hari bisa membuat kadar pH kewanitaan tidak seimbang. Hal ini dapat mengganggu bakteri baik di sekitar area kewanitaan, yang kemudian menyebabkan rasa gatal dan keputihan berlebih.

Nah, bagi Moms yang punya segudang aktivitas, berikut beberapa tips menjaga kesehatan area kewanitaan agar bisa beraktivitas dengan nyaman seharian. Yuk, catat!

Baca Juga: Merawat Area Kewanitaan dengan Sabun Mandi, Tepat atau Tidak Ya Moms?

  1. Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat

Celana dalam yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi udara dan menyebabkan kelembapan berlebih di area kewanitaan. Hal ini akhirnya dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.

Oleh sebab itu, sebaiknya Moms menggunakan celana dalam yang nyaman dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun.

  1. Bersihkan area kewanitaan secara rutin

Setelah beraktivitas seharian, penting bagi Moms untuk membersihkan area kewanitaan agar terhindar dari penumpukkan jamur, bakteri jahat, dan kotoran lainnya.

Untuk membersihkan area kewanitaan agar lebih maksimal, Moms tidak cukup hanya membilasnya dengan air hangat setiap mandi atau sebelum tidur. Moms juga bisa menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang lembut, seperti Sumber Ayu 3,5 Pembersih Kewanitaan Daun Sirih - Clear White. Tidak hanya membersihkan, Sumber Ayu 3,5 Pembersih Kewanitaan juga merawat area kewanitaan.

Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk-produk perawatan dari Sumber Ayu. Tak hanya menyediakan perawatan untuk kulit tubuh seperti lulur mandi atau body scrub, Sumber Ayu juga ingin para perempuan merawat area kewanitaan mereka dengan pembersih khusus yang aman dan terbuat dari bahan-bahan alami.

Baca Juga: Alami Keputihan dan Gatal? Jangan-jangan Mikroflora di Area Kewanitaanmu Terganggu

Sesuai namanya, Sumber Ayu 3,5 Pembersih Area Kewanitaan memiliki tingkat pH 3,5 sehingga aman digunakan sehari-hari. Cukup tuangkan cairan ke telapak tangan dan beri sedikit air, lalu  busakan. Kemudian, basuhkan ke area kewanitaan dengan lembut, dan bilas hingga bersih.