BERITA POPULER: Cut Intan Nabila Diperlakukan Baik Mertua hingga Cara Menghilangkan Trauma Anak Melihat Orangtua Bertengkar

By Diah Puspita Ningrum, Senin, 19 Agustus 2024 | 13:00 WIB
BERITA POPULER: Cut Intan Nabila dapat perlakukan baik mertua (Instagram @cut.intannabila)

Nakita.id - Berikut ini adalah sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Senin (19/8/2024).

1. Tahun Depan Gaji PNS Naik Berapa Persen? Ini Jawaban Joko Widodo

Banyak yang bertanya, tahun depan gaji PNS naik berapa persen? Karena biasanya presiden mengumumkan gaji PNS naik saat sidang sebelum upacara 17 Agustus 2024. Tapi pada kenyataannya Presiden Jokowi belum mengambil keputusan tersebut.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini mengungkapkan bahwa keputusan mengenai kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk anggota TNI dan Polri, pada tahun 2025 akan diumumkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Keputusan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan ASN, yang menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan nasional. Dirjen Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatawarta, menegaskan bahwa pemerintah, baik saat ini maupun yang akan datang, tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan para ASN.

Menurut Isa, kesejahteraan ASN merupakan faktor penting yang berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan kualitas pelayanan publik.

Oleh karena itu, pemerintah telah merancang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 yang siap untuk mengakomodasi penyesuaian gaji ASN, tergantung pada keputusan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Nah, kalau mengenai penyesuaian gaji dan sebagainya, APBN kita untuk 2025 sudah kita desain untuk siap apabila itu dilakukan, tapi keputusannya sesuai komitmen Pak Jokowi dan Pak Prabowo itu diserahkan ke presiden baru," jelas Isa saat ditemui di Gedung DPR-MPR pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa meskipun APBN telah disiapkan oleh pemerintahan saat ini, keputusan akhir mengenai penyesuaian gaji ASN tetap akan menjadi wewenang Presiden Prabowo Subianto yang akan memimpin Indonesia mulai 2024 hingga 2029.

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memberikan otoritas penuh kepada presiden baru dalam menentukan kebijakan strategis yang akan berdampak pada seluruh aparatur negara.

Baca selengkapnya di sini 

Baca Juga: BERITA POPULER: Manfaat Mengonsumsi Rebusan Kunyit dan Jahe hingga Nama Bayi Perempuan Arti Baik Hati Anti Pasaran