Benarkah Hamil Membuat Bau Badan Menjadi Asam? Ini Penjelasannya

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 25 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Benarkah hamil membuat bau badan menjadi asam? (Freepik)

Nakita.id - Apakah hamil membuat bau badan menjadi asam? Ini yang perlu Moms tahu.

Kehamilan adalah masa yang penuh dengan perubahan bagi seorang wanita, baik secara fisik maupun emosional.

Salah satu perubahan yang sering dilaporkan oleh banyak wanita hamil adalah perubahan bau badan yang menjadi lebih asam atau tajam.

Kondisi ini bisa mengejutkan dan menimbulkan kekhawatiran bagi ibu hamil, terutama jika bau badan yang berbeda ini menjadi sangat mencolok.

Apakah benar kehamilan bisa membuat bau badan menjadi asam? Mari kita telusuri penjelasannya.

Hamil Membuat Bau Badan Jadi Asam?

1. Perubahan Hormon Selama Kehamilan

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang signifikan.

Salah satu hormon yang meningkat adalah progesteron, yang membantu menjaga kehamilan dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan.

Hormon lain, seperti estrogen, juga mengalami fluktuasi selama kehamilan. Peningkatan hormon ini dapat mempengaruhi kelenjar keringat, yang dapat menghasilkan lebih banyak keringat dari biasanya.

Selain itu, perubahan hormon dapat mempengaruhi pH kulit, yang bisa menyebabkan perubahan bau badan menjadi lebih asam atau tajam.

2. Peningkatan Produksi Keringat

Kehamilan sering kali disertai dengan peningkatan produksi keringat. Tubuh ibu hamil bekerja lebih keras untuk mendukung perkembangan janin, sehingga metabolisme meningkat dan suhu tubuh cenderung lebih tinggi.

Akibatnya, tubuh berkeringat lebih banyak untuk mendinginkan diri. Peningkatan produksi keringat ini, terutama di area seperti ketiak, lipatan kulit, dan area intim, dapat menyebabkan bau badan yang lebih kuat dan lebih asam.

Baca Juga: Apakah Kelahiran Stunting Berpengaruh pada Makan Makanan Siap Saji Saat Hamil?