Pentingnya Pemenuhan Hak Anak untuk Bertumbuh dan Berkembang Secara Optimal

By Poetri Hanzani, Jumat, 30 Agustus 2024 | 13:08 WIB
Pentingnya pemenuhan hak-hak anak untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal. (freepik / jcomp)

Nakita.id - Pemenuhan hak-hak anak merupakan fondasi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Anak-anak adalah generasi penerus yang akan memimpin masa depan, sehingga memastikan hak-hak mereka terpenuhi adalah tanggung jawab kita bersama.

Dengan memastikan hak-hak mereka terpenuhi, kita tidak hanya membantu mereka mencapai potensi penuh mereka, tetapi juga membangun dasar yang kuat untuk masa depan yang lebih baik bagi mereka dan masyarakat secara keseluruhan.

Orang tua, masyarakat, dan negara harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memastikan semua anak mendapatkan hak-hak mereka secara penuh.

"Sebagai generasi penerus masa depan bangsa, kemajuan anak-anak menjadi sangat penting serta patut mendapat perhatian yang sangat serius dalam memberikan perlindungan kepada mereka. Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Hal ini juga sejalan dengan amanat Undang-undang Perlindungan Anak yang menegaskan bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan.

Maka dari itu, tugas kita semua adalah memberikan akses dan semangat kepada anak-anak Indonesia agar dapat tumbuh-kembang menjadi generasi maju yang cerdas, kreatif, berani dan penuh semangat.

Dalam hal ini peran serta sektor swasta untuk menjadi perusahaan sahabat anak juga sangat dinantikan demi mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak-anak di Indonesia," kata Prof. Dr. Seto Mulyadi, M.Si., Psikolog atau yang akrab disapa Kak Seto selaku Ketua Umum LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia), dalam acara perayaan 70 Tahun SGM di Yogyakarta, Sabtu (24/8/2024).

Dampak Positif Pemenuhan Hak-Hak Anak

Pemenuhan hak-hak anak membawa dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

1. Pertumbuhan Fisik yang Optimal

Baca Juga: PAUD Generasi Maju Taman Pintar Yogyakarta, Dukung Anak Lebih Aktif dan Semakin Percaya Diri