17 Formasi CPNS Kemendikbud 2024 untuk Lulusan SMP sampai S1

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 31 Agustus 2024 | 14:30 WIB
Formasi CPNS kemendikbud (Instagram.com/@bkngoidofficial)

Nakita.id - Pada tahun 2024, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka peluang besar bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kemendikbudristek menyediakan 15.462 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 25.079 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dapat diisi oleh lulusan mulai dari SMP, SMA/SMK, hingga D3 dan S1.

Kesempatan ini tentu menjadi kabar baik bagi banyak orang yang bercita-cita untuk berkarir di lingkungan pemerintahan, khususnya di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Sebagian besar formasi CPNS yang dibuka oleh Kemendikbudristek tahun ini ditujukan untuk lingkungan perguruan tinggi, termasuk posisi dosen.

Ini merupakan respons terhadap kebutuhan mendesak akan tenaga pengajar yang berkualitas di berbagai universitas di Indonesia.

Dengan adanya formasi ini, diharapkan perguruan tinggi di Indonesia dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka tawarkan, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun, formasi yang ditawarkan tidak hanya terbatas pada dosen.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2024, Kemendikbudristek juga membuka formasi untuk jabatan pelaksana yang dapat diisi oleh lulusan dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMP hingga S1.

Ini mencakup beragam posisi seperti juru pelihara dan juru pugar cagar budaya, polisi khusus cagar budaya, penata pameran, dan banyak lagi.

Formasi CPNS Kemendikbud 2024

Kemendikbudristek menawarkan 17 formasi jabatan dalam seleksi CPNS 2024, yang mencakup berbagai bidang, mulai dari pelestarian budaya hingga pengembangan teknologi.

Berikut adalah beberapa formasi yang dibuka:

Baca Juga: Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMP Ternyata Ada! Butuh 36 Pegawai