Kanker Payudara Stadium 3 Apa Bisa Sembuh? Lihat Cara Pengobatannya

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 15 September 2024 | 11:00 WIB
Kanker payudara stadium 3 apa bisa sembuh? (Freepik)

Nakita.id - Kanker payudara stadium 3 adalah tahap lanjutan dari penyakit ini yang menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke jaringan di sekitar payudara dan/atau ke kelenjar getah bening di bawah lengan atau di sekitar dada.

Meskipun kanker payudara stadium 3 adalah tahap yang lebih serius dibandingkan dengan stadium awal, ada harapan untuk kesembuhan dan pengendalian penyakit dengan pendekatan pengobatan yang tepat.

Artikel ini akan membahas tentang kanker payudara stadium 3, termasuk kemungkinan kesembuhan, opsi pengobatan, dan faktor yang memengaruhi prognosis.

Kanker payudara stadium 3 dibagi menjadi beberapa substadium, yaitu 3A, 3B, dan 3C.

Setiap substadium menggambarkan sejauh mana penyebaran kanker dan kondisi kelenjar getah bening.

- Stadium 3A: Kanker mungkin telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di bawah lengan atau di dekat payudara, dan ukuran tumor mungkin lebih besar dari 5 cm, atau ada tumor di payudara yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya.

- Stadium 3B: Kanker telah menyebar ke jaringan payudara di sekitar payudara, seperti dinding dada atau kulit payudara, dan mungkin juga melibatkan kelenjar getah bening di bawah lengan atau di dekat dada.

- Stadium 3C: Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di bagian atas dada atau di dekat tulang selangka, dan mungkin juga melibatkan jaringan di sekitar payudara, tetapi belum menyebar ke organ lain di tubuh.

Kanker Payudara Stadium 3 Apa Bisa Sembuh?

Beberapa faktor dapat memengaruhi kemungkinan kesembuhan untuk kanker payudara stadium 3:

- Ukuran Tumor: Tumor yang lebih besar biasanya lebih sulit untuk diobati. Namun, ukuran tumor bukanlah satu-satunya faktor penentu prognosis.

- Jumlah dan Lokasi Penyebaran ke Kelenjar Getah Bening: Kanker yang telah menyebar ke banyak kelenjar getah bening atau kelenjar getah bening yang jauh dari payudara mungkin memiliki prognosis yang lebih buruk.

Baca Juga: Belajar dari Puput Novel, Apa Ciri Wanita Terkena Kanker Payudara?