Tak Cuma Bikin Hangat, Ini Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki untuk Kesehatan

By Poetri Hanzani, Kamis, 12 September 2024 | 13:58 WIB
Manfaat memakai kaus kaki saat tidur. (freepik)

Nakita.id - Tidur adalah kebutuhan vital untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak semua orang mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Salah satu cara yang terbukti efektif meningkatkan kualitas tidur adalah dengan memakai kaus kaki saat tidur.

Mungkin terdengar sederhana, tetapi tidur pakai kaus kaki memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang sadari.

Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

1. Menghangatkan Tubuh dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu alasan utama untuk memakai kaus kaki saat tidur adalah menjaga kaki tetap hangat. Kaki yang dingin bisa menyebabkan gangguan tidur, terutama di malam hari ketika suhu tubuh menurun.

Kaus kaki membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil, sehingga tubuh merasa lebih nyaman dan rileks. Kondisi ini membuat tubuh lebih mudah masuk ke fase tidur nyenyak dan mengurangi kemungkinan terbangun di tengah malam.

2. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Memakai kaus kaki saat tidur juga dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan sirkulasi atau sering mengalami kaki dingin.

Saat kaki tetap hangat, pembuluh darah akan lebih mudah melebar, memungkinkan aliran darah lebih lancar ke seluruh tubuh. Dengan sirkulasi yang baik, tubuh menjadi lebih sehat dan risiko masalah kesehatan, seperti pembengkakan atau varises, bisa diminimalkan.

3. Mencegah Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah

Bagi mereka yang memiliki masalah kulit kaki kering atau pecah-pecah, memakai kaus kaki bisa menjadi solusi alami. Saat tidur, kelembapan alami pada kulit sering menguap, terutama jika tidur dalam lingkungan yang dingin atau kering.

Dengan kaus kaki, kulit kaki akan tetap terhidrasi dan terlindungi dari udara kering. Sebagai tambahan, penggunaan pelembap sebelum tidur dan dilanjutkan dengan memakai kaus kaki bisa memberikan hasil yang lebih optimal, menjaga kulit kaki tetap halus dan sehat.

4. Meningkatkan Relaksasi dan Mengurangi Kecemasan

Rasa nyaman yang diberikan oleh kaus kaki saat tidur dapat membantu meningkatkan relaksasi. Ketika kaki hangat, otak menerima sinyal bahwa tubuh sudah siap untuk tidur. Ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami kecemasan atau kesulitan tidur.

Menurut penelitian, suhu tubuh yang lebih hangat dapat membantu menurunkan level kecemasan dan stres, yang pada akhirnya membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: 10 Manfaat Rutin Minum Teh Rosella untuk Kesehatan, Termasuk untuk Gula Darah