Cuaca Rabu 25 September 2024, Mulai Terjadi Hujan Lebat Dimana-mana!

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 24 September 2024 | 18:00 WIB
Cuaca Rabu 25 September 2024 (Freepik/ rawpixel.com)

Nakita.id - Pada Rabu, 25 September 2024, cuaca di berbagai wilayah Indonesia diperkirakan akan mengalami hujan lebat di beberapa daerah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah yang rentan terhadap curah hujan tinggi.

Peringatan ini bukan hanya berlaku bagi daerah-daerah yang selama ini dikenal sering mengalami hujan lebat, tetapi juga di sejumlah wilayah yang jarang mengalami intensitas hujan tinggi pada bulan-bulan sebelumnya.

BMKG menyebutkan bahwa fenomena hujan lebat yang diperkirakan terjadi mulai tanggal 25 September 2024 ini disebabkan oleh beberapa faktor meteorologis.

Salah satunya adalah pengaruh dari sistem tekanan rendah yang terbentuk di wilayah Samudera Hindia, barat daya Sumatera.

Sistem ini menciptakan aliran udara lembap yang kemudian memicu pembentukan awan hujan tebal di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, adanya sirkulasi angin monsun dan fenomena La Nina yang masih berlangsung juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan curah hujan.

Monsun adalah aliran angin yang membawa udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah daratan, yang memicu terjadinya pembentukan awan hujan secara signifikan.

La Nina sendiri menyebabkan suhu permukaan laut di Pasifik menjadi lebih dingin, yang berdampak pada peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia dan sekitarnya.

Cuaca Rabu 25 September 2024

Berdasarkan data prakiraan cuaca dari BMKG, beberapa wilayah yang diperkirakan mengalami hujan lebat pada Rabu, 25 September 2024, meliputi daerah-daerah berikut:

1. Sumatera

Beberapa wilayah di Pulau Sumatera, terutama bagian barat seperti Aceh, Sumatera Barat, dan Bengkulu, diperkirakan akan mengalami hujan lebat.

Baca Juga: Cuaca Selasa 24 September 2024, Waspada Hujan Lebat Awali Musim Hujan