Manfaat Jintan Hitam untuk Tubuh, Ampuh untuk Redakan Peradangan

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 6 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Manfaat jintan hitam untuk tubuh (freepik)

Nakita.id - Moms sudah tahu? Ini manfaat jintan hitam untuk tubuh.

Jintan hitam adalah rempah-rempah yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu dalam pengobatan tradisional, terutama di Timur Tengah dan Asia Selatan.

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, jintan hitam juga dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bahkan, dalam tradisi Islam, jintan hitam disebut sebagai "obat segala penyakit" kecuali kematian.

Lalu, apa saja manfaat jintan hitam yang telah terbukti secara ilmiah?

Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Jintan Hitam untuk Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jintan hitam memiliki senyawa aktif utama yang disebut thymoquinone, yang dikenal memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan imunomodulator.

Konsumsi rutin jintan hitam dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai infeksi, terutama infeksi virus dan bakteri.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat merangsang produksi sel imun seperti sel T dan sel pembunuh alami yang bertanggung jawab melawan patogen dalam tubuh.

Bagi mereka yang sering mengalami sakit atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, menambahkan jintan hitam ke dalam makanan sehari-hari atau mengonsumsi minyak jintan hitam bisa menjadi solusi alami untuk memperkuat pertahanan tubuh.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dalam tubuh sering kali menjadi pemicu berbagai penyakit degeneratif seperti arthritis, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Tak Perlu Mahal-mahal Beli Jamu, Konsumsi Obat Kuat dari Biji Jintan yang Ampuh Bikin Dads Taklukkan Moms di Ranjang