Cuaca Jumat 11 Oktober 2024, Waspada Hujan Lebat Terjadi Dimana-mana!

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 10 Oktober 2024 | 19:30 WIB
Cuaca Jumat 11 Oktober 2024 (Freepik)

Nakita.id - Pada Jumat, 11 Oktober 2024, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di banyak wilayah di Indonesia.

Hujan lebat diperkirakan akan melanda sebagian besar daerah, termasuk 25 provinsi.

Beberapa wilayah yang perlu waspada terhadap hujan lebat dan kemungkinan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor antara lain Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Wilayah Bogor, Sukabumi, serta beberapa kota di Sumatera seperti Medan dan Bengkulu juga berpotensi menghadapi kondisi serupa.

Fenomena atmosfer seperti gelombang Rossby Ekuatorial menjadi penyebab utama intensitas hujan tinggi di beberapa tempat.

Hujan yang disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan berlangsung sepanjang hari, terutama pada siang hingga sore hari.

Situasi ini dapat menambah risiko bencana, terutama di daerah yang memiliki topografi rawan banjir atau longsor.

Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan memantau informasi cuaca terkini dari BMKG, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah dengan potensi curah hujan tinggi.

Beberapa wilayah yang berpotensi terdampak juga telah menerima peringatan dini bencana hidrometeorologi dari pemerintah setempat.

Langkah-langkah antisipatif seperti memastikan saluran air bersih, menjaga kondisi lingkungan, dan menghindari aktivitas di luar rumah saat cuaca buruk perlu dilakukan.

Bagi para pelancong, aktivitas luar ruangan juga diharapkan ditunda, mengingat potensi cuaca buruk di berbagai wilayah, terutama di daerah-daerah pesisir dan pegunungan.

Dengan kondisi ini, aktivitas penerbangan dan transportasi darat juga berpotensi terganggu akibat hujan lebat dan visibilitas yang rendah.