Gejala Kanker Ovarium pada Anak-anak, Perut Terasa Sakit dan Kembung

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 12 Oktober 2024 | 12:30 WIB
Gejala kanker ovarium pada anak (Freepik)

Nakita.id - Kenali apa gejala kanker ovarium pada anak-anak yang perlu para orang tua ketahui.

Kanker ovarium umumnya lebih dikenal sebagai penyakit yang menyerang wanita dewasa, namun ternyata kasus ini juga dapat ditemukan pada anak-anak, meski sangat jarang.

Kanker ovarium adalah kanker yang menyerang ovarium, bagian dari sistem reproduksi perempuan yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel telur dan hormon seperti estrogen dan progesteron.

Pada anak-anak, gejala kanker ovarium bisa mirip dengan gejala masalah kesehatan lainnya, sehingga sering kali sulit dikenali.

Untuk itu, penting bagi orang tua dan pengasuh untuk memahami tanda-tanda kanker ovarium pada anak-anak, terutama ketika anak mengeluhkan sakit perut atau perut yang kembung, yang bisa menjadi gejala awal dari penyakit ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai dan penjelasan lebih lanjut tentang pentingnya deteksi dini.

Gejala Kanker Ovarium pada Anak-anak

1. Perut Terasa Sakit dan Kembung

Gejala awal yang paling umum dari kanker ovarium pada anak-anak adalah rasa sakit pada perut.

Anak-anak yang mengalami masalah ini mungkin mengeluhkan perut yang terasa tidak nyaman, nyeri tumpul atau rasa sakit yang terus-menerus di area perut.

Selain rasa sakit, perut anak juga bisa terlihat lebih besar atau kembung, meskipun mereka tidak makan banyak atau tidak memiliki riwayat gangguan pencernaan.

Perut yang kembung dapat disebabkan oleh akumulasi cairan di rongga perut, suatu kondisi yang dikenal sebagai asites.

Ini adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal dalam rongga perut, dan ini bisa terkait dengan kanker ovarium.

Baca Juga: Tanda Kanker Ovarium, Waspadai Nyeri di Area Panggul dan Perut Bawah