9 Obat Batuk Alami Anak 1 Tahun, Moms Punya di Dapur Semuanya!

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 27 Oktober 2024 | 13:00 WIB
Obat batuk alami anak 1 tahun (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Batuk adalah salah satu masalah kesehatan umum yang sering dialami oleh anak-anak, termasuk bayi yang berusia satu tahun.

Meskipun batuk sering kali merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari iritasi atau lendir, orang tua sering merasa khawatir saat anak mereka batuk, terutama jika usianya masih sangat muda.

Pada usia 1 tahun, pemberian obat batuk yang dijual bebas harus sangat hati-hati karena banyak obat yang belum aman untuk bayi.

Oleh karena itu, menggunakan obat batuk alami bisa menjadi alternatif yang baik.

Artikel ini akan membahas beberapa pilihan obat batuk alami yang aman untuk anak berusia 1 tahun.

Obat Batuk Alami Anak 1 Tahun

1. Madu (Dengan Hati-hati)

Madu dikenal luas sebagai obat alami untuk meredakan batuk, karena memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan infeksi dan meredakan peradangan di tenggorokan.

Namun, madu tidak disarankan untuk anak di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme, yaitu kondisi serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum yang bisa berkembang di dalam madu.

Namun, setelah bayi mencapai usia 1 tahun, madu menjadi salah satu solusi alami yang efektif.

Untuk anak 1 tahun, beri setengah sendok teh madu saat batuk, terutama sebelum tidur untuk membantu meredakan batuk dan membuat anak tidur lebih nyenyak.

Jangan pernah memberikan madu kepada bayi di bawah usia 12 bulan, karena sistem pencernaan mereka belum cukup matang untuk menangkal bakteri berbahaya.

2. Air Hangat dan Sup Ayam

Salah satu solusi paling sederhana namun efektif untuk batuk adalah air hangat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Obat Batuk Bayi Alami yang Praktis dan Aman Digunakan